10 Orang Terkaya di Indonesia Posisi Pertama Diraih Hartono

4
10 Orang Terkaya di Indonesia Posisi Pertama Diraih Hartono

BISNIS BANDUNG– Sepuluh orang terkaya di Indonesia  untuk tahun 2021 kembali mengemuka berdasarkan rilis dari Forbes. Orang terkaya  nomor  wahid dipegang oleh Bos Jarum  yakni Budi Hartono. Lalu siapa saja mereka yang  menjadi orang terkaya tahun ini?

Dikutip dari Forbes, Rabu (7/4/2021), posisi pertama dan kedua orang terkaya di Indonesia masih dipegang oleh Hartono Bersaudara dengan bisnis perbankan dan tembakau mereka, yaitu Djarum.

Di tingkat dunia, Budi Hartono menduduki posisi ke-86 dengan nilai kekayaan 20,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 287 triliun (kurs Rp 14.000). Jumlah tersebut meningkat 6,9 miliar dollar AS bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, Michael Hartono menduduki posisi ke dua di Indonesia  dan ke-89 di dunia  dengan nilai kekayaan 19,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 275,8 triliun. Nilai kekayaannya meningkat 6,7 miliar dollar AS bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Posisi ketiga orang terkaya di Indonesia diduduki oleh Prajogo Pangestu dengan bisnis petrokimia.

Sementara itu, posisi berikutnya diisi oleh Chairul Tanjung yang memiliki konglomerasi bisnis media hingga perbankan.

Adapun berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia 2021 versi majalah Forbes: 1. R Budi Hartono dengan nilai kekayaan 20,5 miliar dollar AS atau Rp 287 triliun, sumber kekayaan bisnis perbankan dan tembakau.

Kedua, Michael Hartono dengan nilai kekayaan 19,7 miliar dollar AS atau Rp 275,8 triliun, sumber kekayaan bisnis perbankan dan tembakau. Ketiga, Prajogo Pangestu dengan nilai kekayaan 6,5 miliar dollar AS atau Rp 91 triliun, sumber kekayaan bisnis petrokimia.

Keempat,  Chairul Tanjung dengan nilai kekayaan 4,8 miliar dollar AS atau Rp 67,2 triliun, sumber kekayaan beragam. Kelima, Tahir dan keluarga dengan nilai kekayaan 3,3 miliar dollar AS atau Rp 46,2 triliun, sumber kekayaan beragam.

Keenam,  Eddy Kusnadi Sariaatmadja dengan nilai kekayaan 3 miliar dollar AS atau Rp 42 triliun, sumber kekayaan bisnis media dan teknologi.

Ketujuh, Jerry Ng dengan nilai kekayaan 2,5 miliar dollar AS atau Rp 35 triliun, sumber kekayaan bisnis perbankan.  Ke3delapan,  Theodore Rachmat dengan nilai kekayaan 1,7 miliar dollar AS atau Rp 23,8 triliun, sumber kekayaan beragam.

Kesembilan  Mochtar Riady dan keluarga dengan nilai kekayaan 1,7 miliar dollar AS atau Rp 23,8 triliun, sumber kekayaan beragam. Kesepuluh  Djoko Susanto dengan nilai kekayaan 1,7 miliar dollar AS atau Rp 23,8 triliun, sumber kekayaan bisnis supermarket.(B-002) ***