10 Penyebab Koneksi Internet Jadi Lemot

101

BISNIS BANDUNG – Koneksi internet di zaman sekarang merupakan nyawa bagi millennials. Tanpa ada internet, rasanya hidup terasa hampa. Itu memang tidak dirasakan oleh semua orang, tetapi jika koneksi yang melambat tersebut terjadi di saat-saat yang genting, itu bisa jadi masalah besar.

Tentu saja melambatnya koneksi internet selalu ada penyebabnya. Seperti kata-kata orang: ada aksi, ada reaksi. Koneksi melambat karena ada sesuatu dan inilah hal-hal tersebut.

  1. Cuaca yang buruk

Untuk di Indonesia sendiri, cuaca yang paling mempengaruhi koneksi internet umumnya ketika musim penghujan. Saat hujan deras, entah bagaimana ceritanya koneksi tersebut mendadak berubah jadi tak lancar ataupun melambat. Diperkirakan sinyal-sinyal internet yang ada di udara terhalang oleh titik-titik hujan.

  1. Berada di parkiran

Sering kali ketika di parkiran Anda tidak mendapatkan sinyal ponsel dan internetmu melambat. Ada beberapa hal yang bisa ditarik dari sini.

Yang pertama, tempat parkir terlalu tinggi; yang kedua parkiran Anda memiliki dinding yang tebal dan tertutup hingga sinyal pun tidak dapat dijangkau. Sebenarnya bukan hanya di parkiran saja, tapi ini biasa terjadi ketika memasuki terowongan yang panjang.

  1. Jaringan yang terlalu sibuk

Prime time bisa jadi salah satu masalah. Banyaknya orang yang menggunakan koneksi internet di saat bersamaan menjadikan jaringan terbagi-bagi sehingga mau tak mau menjadi lambat.

Konsepnya sama seperti pengguna WiFi yang terlalu banyak atau ada yang melakukan unduh dengan memakan banyak bandwidth. Kalau sudah seperti ini, satu-satunya solusi adalah menunggu hingga penggunanya berkurang.

  1. Aplikasi yang mengganggu

Beberapa aplikasi yang aktif terus dapat menjadi alasan koneksi internet lambat. Spotify, Instagram dan aplikasi-aplikasi messenger yang menyala bersamaan membuat kecepatan internetmu melambat. Anda bisa mematikan koneksi seluler aplikasi-aplikasi yang menurut Anda tak terlalu berguna atau Anda pakai di menu pengaturan.

  1. Kartu SIM-mu bermasalah
Baca Juga :   Respons Gubernur Terkait Sorotan Anggota DPRD Jabar

Bisa jadi pula kartu SIM memiliki frekuensi yang berbeda sehingga tiba-tiba koneksi internet mati sama sekali. Untuk ini, Anda hanya bisa membawa kartu SIM-mu langsung ke provider untuk dibenarkan.

  1. Kuota yang habis

Paketan umumnya memiliki bonusan yang membuatmu bisa menikmati jaringan internet lebih banyak dan lebih lama. Namun, biasanya bonusan tersebut mendapatkan batasan kecepatan. Batasan itu umumnya berlaku untuk bonusan yang bisa digunakan ketika jam kerja atau prime time.

  1. Layanan provider yang belum sampai ke area tersebut

Jika Anda menggunakan ponsel saat masuk pedalaman, biasanya koneksi internet akan melambat. Itu karena koneksinya terhalang oleh pepohonan, tapi ada satu lagi yang jadi masalah, yaitu area provider belum sampai ke sana. Terlalu jauhnya dari menara sinyal dapat membuat internetmu lambat bukan main.

  1. Sedang ada perbaikan atau maintenance

Tidak ada yang lebih parah ketimbang ini. Perbaikan ataupun maintenance jelas akan mempengaruhi kecepatan koneksi dan tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu sampai benar. Jika sudah seperti ini, cobalah bergantung pada WiFi.

  1. Jaringan kebobolan

Bisa jadi pula portable hotspot Anda lupa dimatikan dan ada orang yang tersambung dengan hotspot tersebut. Tentu saja kuota yang termakan itu akan melambatkan koneksi jaringanmu sekaligus menghabiskan kuota tersebut.

  1. Sistem operasi yang bermasalah

Koneksi internet lambat tidak selalu menjadi masalah provider. Ada kalanya itu datang dari smartphone sendiri, yaitu dari sistem operasi. Cara untuk mengatasi ini hanyalah dengan melakukan menyalakan ulang ponselmu tersebut dan berharap masalah itu selesai.

Apakah jaringan internet Anda lemot? Sudah dicek kah permasalahan-permasalahan yang ada di daftar atas? Kalau dari seluruh daftar itu tidak ada yang terjadi, namun internet masih tetap lambat, silakan menghubungi provider-nya langsung. Bisa jadi perubahan kecepatan itu memang kebijakan perusahaannya. (C-003/BBS)***

Baca Juga :   Oracle, Bernafsu Akuisisi TikTok