Kick Starter Sebaiknya Digunakan

257

Meski teknologi pada sepeda motor sudah tergolong canggih, perlengkapan manual tetap diterapkan. Salah satunya adalah kick starter. Kick starter atau disebut juga tuas engkol kini lebih banyak terlihat seperti mirip pajangan. Sebab, masyarakat cenderung lebih memilih electric starter karena mudah, hanya sekali pencet menggunakan ibu jari, mesin motor hidup. Namun dewasa ini kick starter yang ada pada motor matik lebih jarang dipakai. Posisinya juga berbeda dengan tipe motor spor atau bebek.

Padahal penggunaan kick starter dipercaya dapat memperpanjang usia pakai aki karena tidak terlalu terbebani. Selain itu, jika digunakan saat pagi hari atau setelah motor lama tidak dihidupkan, dapat membuat oli lebih cepat bersirkulasi.

Sebaliknya, jika kick starter (tuas eng- kol) jarang digunakan, dampaknya akan macet atau keras saat diselah. ”Karena kalau motor lain bagian kick starter itu ada yang terlumasi oli. Sedang- kan untuk motor matik tidak. Jadi hal itu akan macet,” ungkap Yongi Setiadi dari bengkel Yong’s Motor Bandung.

Yongi menyarankan, jika saat melakukan pengecekan khususnya pada bagian v-belt dan roller, alangkah baiknya komponen pada bagian sambu­ngan kick starter dibersihkan.
Takutnya ada karat atau kotor. Jadi ketika saat akan digunakan tidak macet dan mengalami masalah. (E-002)***