Dampak Belanja Politik Terhadap Perekonomian

129

Menurut Gubernur Ahmad Heryawan, tahun 2016 Jabar mengalami pertumbuhan ekonomi yang cuikup tajam karena ada Pekan Olahraga Nasional (PON). Jabar sebagai tuan rumah merasakan dampak PON terhadap pertumbuhan ekonomi. Dipredisksi tahun 2018 sebagai tahun politik akan memacu pertumbuhan ekonomi. Pada saat pilkada dan pemilu akan terjadi peningkatan belanja politik. Semua pelaku usaha akan merasakan dampak positif tahun politik itu. Hal tersebut akhirnya akan mendorong laju pertumbuhan ekonomi.

Selain tahun politik, tahun 2018 juga Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Seperti kegiatan berskala nasional dan internasional lainnya, penyelenggaraan Asian Games akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Hal itu pasti akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Jabar. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat memprediksi, pertumbuhan ekonomi Jabar tahun 2018 akan mencapai kisaran 5,2% – 5,6%.

Terus membaiknya perekonomian Jabar pada tahun 2018 didorong oleh komponen konsumsi, investasi, dan ekspor yang diperkirakan akan terus naik. ”Hal itu didukung oleh proyek infrastruktur multiyears milik pemerintah,” katanya seperti dimuat PR (13/12). Wiwiek juga oiptimistis akan pertumbuhan ekonomi Jabar karena berbagai faktor, antara lain makin membaiknya perekonomian global, ketetapan pemerintah yang tidak akan menaikkan harga BBM, elpiji, dan tarif listrik.

Seperti ditulis pada rubrik ini beberapa minggu lalu, tahun politik pada satu sisi mengundang kerawanan karena tensi politik makin naik.Namun  di sisi lain, tahun politik justru mendorong pertumbuhan ekonomi. Para pelaku usaha menengah ke atas mendapat porsi cukup besar. Begitu pula pelaku usaha kecil menengah (UKM) biasanya pilkada dan pemilu merupakan momentum panen raya. Order kaos kampanye, baliho, spanduk, dan pernak-pernik pemilu, yang dikenal dengan sebutan belanja politik, luar biasa besarnya. Tahun politik merupakan tahun rezeki bagi para pelaku usaha.

Optimisme pertumbuhan ekonomi itu seyogianya pemerintah tetap berhati-hati. Dampak sosial tahun politik membutuhkan kesiapan semua pihak.  Kita semua harus dapat meredam agar tidak terjadi konflik horisontal akibat suhu politik yang makin memanas. Perubahan cuaca yang meninbulkan angin puting beliung, tingginya gelombang laut, tanah longsor, banjir, dan musibah lainnya, membutuhkan perhatian khusus. ***