“Sport” Arcamanik Diresmikan

297

BISNIS BANDUNG- Di tengah acara pembukaan Porpemprov XV Jawa Barat tahun 2017, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Selasa pekan ini meresmikan kawasan sentra pembinaan olahraga terpadu (SPOrT) Jabar di Arcamanik, kota Bandung. Peresmian ditandai dengan penandatanganan beberapa prasasti oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, yakni stadion utama yang dapat digunakan untuk kegiatan cabang olahraga atletik, sepak bola dan panahan.

GOR Laga Tangkas yang dapat digunakan kegiatan cabang olahraga basket, volly ball dan bulu tangkis. GOR Laga Satria yang dapat digunakan kegiatan cabang olahraga karate, yudo, taekwondo dan tinju. Gymnasium yang dapat digunakan untuk kegiatan catur, senam dan angkat besi/angkat berat, padepokan pencak silat, stadion bola voli pasir, stadion baseball dan softball serta Gedung Youth Centre.

Menurut Kepala Dinas Olah Raga dan Pemuda, Yudha, beberapa fasilitas yang akan dibangun dikawasan ini yakni gedung kantor dinas pemuda dan olahraga, gedung wisma atlet, gedung sekolah keterbakatan olahraga (SKO), gedung graha iptek yang berfungsi sebagai Hall of Fame dan Museum Prestasi Olahraga Jawa Barat serta Masjid.

Diikuti 3.000 ASN dari seluruh OPD, dan Asisten Daerah Setda lingkup Pemprov Jabar. Mereka bertanding pada sejumlah cabang olahraga, seperti bola voli, bulutangkis, futsal, catur, biliar, tenis meja, gerak jalan, serta beberapa permainan tradisional seperti tarumpah panjang dan galah. Kegiatan ini berlangsung pada 12-14 Desember 2017.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, Jawa Barat merupakan salah satu dari sedikit provinsi yang telah mampu secara rutin menyelenggarakan Pekan Olahraga bagi para pegawainya baik di tingkat pemerintah provinsi lewat Porpemprov maupun di tingkat daerah provinsi melalui penyelenggaraan Porpemda.

“Karenanya tidak mengherankan jika dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri dua kali berturut-turur pada tahun 2015 di Manado dan tahun 2017 di Yogjakarta, para ASN Jawa Barat berhasil meraih gelar juara umum,” ujarnya.

Bahkan kata Aher, pada penyelenggaraan Asean Civil Service Games (ACSG) yang merupakan penyelenggaraan pekan olahraga para pegawai pemerintah di negara-negara ASEAN yang untuk pertama kalinya diselenggarakan tahun 2016 di Malaysia, Kontingen Indonesia yang diwakili para ASN anggota Korpri Jabar berhasip menjadi runner-up setelah tuan rumah Malaysia. Hal itu, kata Aher, merupakan hasil dari proses penyelenggaraan pembinaan olahraga di lingkungan ASN Jabar yang sudah cukup baik dan berkesinambungan.

Dalam terwujudnya budaya olahraga yang kokoh di lingkungan para ASN anggota korpri Jabar, Aher mengajak semua ASN di lingkungan Pemprov Jabar melaksanakan kegiatan olahraga secara rutin di lingkungan instansinya masing-masing.

Pada upacara pembukaan tersebut, Pemprov Jabar juga menyerahkan penghargaan bagi para atlet asal Jabar yang telah berhasil meraih medali pada ajang SEA Games 2017 di Malaysia. (B-002)***