Memelihara Eksterior dan Interior Mobil

60

Mobil dengan tampilan bersih berkilau, baik eksterior maupun interiornya memang menyenangkan untuk dipandang mata. Oleh karena itu, kebersihan merupakan faktor utama yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan.

Mempertahankan kebersihan kabin dan bodi ternyata tidak cukup hanya menggunakan air untuk mencuci atau mengelap, tetapi perlu trik khusus seperti menggunakan bahan-bahan tertentu. Kendati demikian, harus diingat jangan menggunakan cairan kimia secara sembarangan karena bisa mengakibatkan bodi atau kabin mobil menjadi kusam.

Tips untuk membersihkan bodi luar mobil adalah membersihkannya terlebih dahulu dengan kemoceng atau lap handuk bersih untuk menghilangkan debu. Dengan memakai lap handuk bersih, kandungan minyak dan flek asap knalpot juga bisa dihilangkan.

Jika lapisan debu di bodi mobil cukup tebal, cara yang praktis adalah membasuh bagian luar kendaraan itu dengan air dicampur sampo mobil. Setelah itu keringkan dengan lap handuk. Agar bodi mobil tetap berkilau, bisa menggunakan pasta wax yang banyak tersedia di pasaran.

Yang penting diingat dalam menggunakan pasta wax adalah tidak perlu menggosoknya secara keras-keras. Pasalnya pasta wax hanya berfungsi sebagai pelindung sehingga dengan gosokan ringan pun sudah bisa melapisi bodi mobil.

Setelah bagian bodi bersih, bagian luar mobil lainnya yang perlu juga diperhatikan adalah ban dan pelek. Pelek yang kotor bisa dibuat bersih kembali dengan cara membasuhnya menggunakan lap handuk bersih basah yang dicampur air sabun.

Ketika membersihkan pelek kotor tidak disarankan menggunakan lap kulit atau populer dengan sebutan chamois. Sebab, jika menggunakan lap model ini, pelek tidak boleh asal kering saja. Jika permukaan pelek dibiarkan agak basah maka ketika kering bisa berakibat timbulnya bercak-bercak air. Oleh karena itu, bersihkan pelek hingga airnya benar-benar hilang atau kering.

Kalau pelek sudah bersih, permukaan ban juga perlu dirawat. Gunakanlah semir ban baik yang berupa cairan atau pun foam. Kedua semir ini sama saja kualitasnya. Hanya cara menyemir ban dengan kuas adalah lebih merata dibandingkan dengan foam.

Setelah semua bagian bodi terlihat kinclong, maka giliran perawatan kabin. Pembersihan bisa dimulai dari dasbor. Untuk membersihkan bagian ini sebaiknya menggunakan lap yang dibasahi air sampo mobil. Setelah itu, baru dikeringkan dengan memakai lap kering. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan noda membandel, kuas untuk membersihkan saluran AC dan tempat-tempat lain yang susah dijangkau.

Untuk membersihkan dasbor tidak disarankan memakai semir atau wax. Pasalnya kedua bahan itu akan mengikat debu dan kotoran sehingga tampilan dasbor mobil tidak terlihat alami lagi. Selanjutnya bersihkan pula bagian jok mobil. Pakailah penyedot debu untuk menghilangkan kotoran yang menempel di jok. Namun kalau debu sudah tampak banyak, gunakanlah larutan khusus pembersih jok. (B-003)***