Dinding Rumah Warga Jebol Akibat Longsor Tebing

43

Tebing setinggi lima belas meter longsor, dan menimpa rumah milik seorang warga, di perumahan Puskopat desa Gunung Manik, kecamatan Tanjungsari Sumedang. Longsor terjadi pasca hujan deras yang terus menguyur Sumedang,

Satu rumah rusak berat dan penghuninya terpaksa mengungsiĀ  ke rumah tetangga, karena tertimpa longsor tebing setinggi lima belas meter. tidak ada korban jiwa dalam perstiwa tersebut. Namun, kerugian mencapai 15 juta rupiah, karena dinding rumah jebol oleh bebatuan.

MenurutĀ  warga, Iwan Ridwan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 8 malam, saat hujan deras menguyur Sumedang. Tembok penahan tanah tidak kuat menahan derasnya air yang menguyur. sehingga mengakibatkan longsor.

7 rumah lainnya terancam longsor, karena tebing setinggi 15 meter tersebut terus retak. Kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa. hanya satu rumah milik wahyu rusak berat. Untuk penanganan, warga dibantu TNI dan Polri, memasang pagar seadaanya, dan belum berani membersihkan material lonsgor. warga pun masih mengupayakan peminjaman alat berat oleh pemerintah desa setempat.

Diki Darusman, BandungTV.