Pinus alami Masih Unggul Dibanding Cemara Plastik

44

Keberadaan pohon natal plastik tidak membuat para penjual pohon cemara di pusat penjualan  bunga kawasan Cihideung, Parompong, kabupaten Bandung Barat, resah. Pasalnya, warga masih banyak yang memilih cemara alami, sebagai persiapan pohon natal, pada perayaan natal 2017. Warga memilih pohon natal alami, karena setelah digunakan masih bisa ditanam, dan digunakan tahun depan dengan ukuran lebih besar.

Menjelang perayaan Natal 2017, warga mulai mengunjungi pusat penjualan bunga di kawasan Cihideung, Parompong, Kabupaten Bandung Barat, untuk membeli pohon cemara.

Meski telah ada pohon cemara plastik, umat kristiani masih banyak yang memilih cemara alami karena bisa ditanam, sehingga tahun depan bisa digunakan lagi dengan ukuran lebih besar.

Di tempat yang dijuluki wisata bunga cihideung ini, terdapat banyak jenis pohon cemara, diantaranya jenis medan, lilin, kipas, balon, dan pua-pua. Diakui penjual bunga, ifah, saat ini yang paling diminati yaitu cemara jenis pua-pua. Selain bagus, harga cemara tersebut terjangkau, mulai dari dua puluh lima ribu hingga 1 juta rupiah untuk ukuran 5 meter.

Saat ini, penjualan pohon cemara tidak hanya di sekitar Jawa Barat atau Jakarta, tapi juga dikirim di Mojokerto Jawa Timur, dan Lampung. peningkatan penjualan pohon cemara relatif sama dengan tahun sebelumnya.

Algi Muhammad Gifari, BandungTV.