Favorit Pengunjung Di Karang Para Terdapat Jembatan Hati

44

Berlibur menikmati wisata alam merupakan salah satu kegiatan menga- syikan. Destinasi wisata alam selalu mampu membuat para pelancong kembali bergairah setelah dahaga akan keindahan terpuaskan oleh bentang alam yang menakjubkan.
Beruntunglah bagi para pelancong di Jawa Barat, karena daerah ini banyak memiliki destinasi wisata alam jempolan. Kabupaten Sukabumi di antaranya merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak destinasi wisata alam.
Dalam tulisan kami ini akan menyajikan ulasan pemandangan alami dari destinasi wisata alam Karang Para yang berada wilayah Kampung Padaraang, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi.

Untuk mencapai lokasi Karang Para, pengunjung yang enggan melewati jalan rusak, bisa melalui Jalan Padjadjaran, Gunungguruh-Lio Cikujang. Jarak dari Jalan Padjadjaran, sekitar 1,5 kilometer dan bisa dilewati menggunakan sepeda motor dan mobil standar meskipun kondisi jalannya agak menanjak.

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan jenis off road, apabila dari arah Sukabumi lebih baik dari Jalan Mangkalaya-Cisaat, tepatnya di pertigaan Pasir Badak, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh. Jika masuk lewat jalur ini hanya sekitar satu kilometer namun kondisi jalannya berbatu dan rusak.

Pemandangan yang masih alami sangat layak bagi siapa pun warga yang ingin melepaskan diri dari hingar bingarnya suaranya kendaraan di kota. Pengunjung disuguhi udara sejuk karena objek wisata ini masih alami dan dekat dengan pegunungan.

Fasilitas juga memadai. Wisatawan tidak perlu khawatir karena pihak Wisata Karang Para menyediakan toilet umum, mushola, tempat wudhu dan beberapa warung. Pe­ngunjung juga dijamin keamanannya khususnya kendaraan yang diparkirnya. Untuk tiket masuk pengelola hanya memungut tarif 2000 rupiah perorang.

Daya tarik utama Karang Para, yakni pada banyaknya batu karang yang menyerupai beragam bentuk, seperti masjid, hiu, para (atap), goa, dan lainnya.dari kawasan puncak karang kita bisa melihat pemandangan cantik dan elok kawasan Kota Sukabumi maupun kawasan lainya.

Keunikan lainnya, di lokasi wisata alam seluas 12 hektare ini terdapat jembatan yang dibentuk menyerupai hati sehingga dikenal dengan Jembatan Hati. Cocok sekali untuk dijadikan tempat selfie karena view di atas Jembatan Hati ini langsung mengarah ke sebagian Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi, terutama Pajampa­ngan. Pemandangan hamparan sawah hijau, permukiman, dan gunung menambah suasana kian menyatu dengan alam.

Dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi terutama sosial media,pihak pe­ngelola yakin kawasan ini akan menjadi tujuan destinasi wisata alam di kawasan Sukabumi.
Pengelolaan kawasan wisata dilakukan oleh pemerintah desa setempat, ke depan kawasan ini akan terus dikembangakan dengan penambahan berbagai fasilitas, karena dari 25 hektar luas kawasan baru 12 hektar saja yang dimanfaatkan oleh pe­ngelola. (E-001)***