Jelajah Hijrah Adventure 2017 Petualangan Bernuansa Religi

140

Dalam suasana alam terbuka di lapangan Nyawang kawasan Lembang Asri Kabupaten Bandung Barat, para penghobi otomotif trail adventure berkumpul dalam satu gelaran bertajuk ”Ubar Jihad”, Minggu (10/12).

Ulin bareng Jelajah Hijrah Adventure ini merupakan kegiatan fun adventure bernuansa religi yang digagas oleh Factor Family. Kegiatan ini diikuti 1200 offroader yang datang dari berbagai kota. Ubar Jihad 2017 memang unik yang notabene konsepnya berbeda dengan gelaran adventure lain, yaitu Fun Trail Adventure berkonsep Charity.

Sejak pagi hari para peserta terus berdatangan untuk mendaftarkan diri. Teman sesama kolega dan penghobi asal komunitas trail, diundang untuk turut berpetualang bersama menjelajahi kawasan pegunungan Lembang. Tak pelak, jumlah peserta pun membengkak diluar dugaan.

Para offroader bebas melakukan start kapan saja dan langsung menikmati berbagai tahapan jalur fun offroad di kawasan Lembang Asri. Durasi perjalanan adventurenya pun tidak terlalu lama. Sesuai dengan namanya, perhelatan adventure dengan motor trail ini digelar untuk mewadahi pegiat offroad dan juga ingin mende­ngarkan tausiyah dari ustadz Evie Effendi yang kini sedang kondang di tengah masyarakat.

Sebuah pemandangan menarik dan belum pernah ada dalam penyelenggaraan perhelatan trail adventure manapun, para offroader melakukan sholat berjamaah bersama di lapangan terbuka bersama ustadz Evie Effendi. Kesan menarik dan unik lainnya dalam Ubar Jihad ini adalah tausyiah berupa kajian Islam yang ringan dan mudah dimengerti.

Hal itu menjadi pemandangan berbeda yang belum pernah kita temui dalam setiap penyelenggaraan kegiatan trail adventure, di tempat garis finish, hiburan musik sudah menjadi menu pelengkap bagi para offroader untuk melepas lelah.

Namun untuk Ubar Jihad, siraman rohani menjadi menu wajib yang disuguhkan bagi para offroader.  “Kami dari factors Family kerap menyuguhkan sebuah perhelatan yang unik, dan bersyukur para offroader sangat senang.

Kegiatan silaturahmi antara sesama pecinta adventure motor ini akan menjadi agenda rutin tahunan, dengan harapan Fun Trail Adventure berkonsep Charity, bisa menepis stigma negatif offroader sebagai perusak lingkungan, serta jalan awal bagi offroader untuk hijrah menatap kehidupan yang lebih baik,”kata Oktaf & Shelly, penggagas kegiatan dari Factor’s Family.

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Dalam satu kesempatan ini, indahnya silaturahmi bisa terjalin saat berjelajah bersama menikmati alam terbuka mendapatkan siraman rohani penguat hati dan iman Islam, hingga dibarengi dengan mengumpulkan sejumlah donasi sebagai bukti para penggiat dirt bike mempunyai rasa kepedulian sosial yang tinggi.

Pengundian Doorprize dengan sejumlah hadiah menarik sudah menjadi sesi yang ditunggu-tunggu oleh para offroader. 1 buah tiket Umroh menjadi harapan besar bagi siapa saja untuk mendapatkannya. Ulin Bareng Jelajah Hijrah Adventure (Ubar Jihad) ini akan menjadi agenda rutin yang digelar disetiap tahunnya. (E-002)***