Waktu Belanja Saham di Penghujung Tahun

38

PERDAGANGAN saham di pasar modal Indonesia akan libur selama dua hari pada awal pekan ini karena cuti bersama hari Natal. Alhasil, ada sisa waktu tiga hari untuk belanja saham di akhir tahun 2017.

Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), Yulianto Aji Sadono mengatakan, otoritas Bursa masih menetapkan hari libur perdagangan efek sesuai dengan tanggal merah yang diberlakukan secara nasional.

“Untuk libur Natal pada 25 Desember dan 26 Desember saja,” ucapnya.

Dengan demikian, pelaku pasar bisa rehat sejenak dari perdagangan saham selama hingga Selasa (26/12). Kemudian, BEI membuka kembali perdagangan di pasar modal pada Rabu (27/12) hingga Jumat (29/12).

Artinya, pelaku pasar hanya memiliki kesempatan untuk berbelanja saham atau merealisasikan keuntungannya dalam tiga hari sebelum penutupan tahun 2017.

Sementara itu, Aji memaparkan, perdagangan saham akan kembali diliburkan pada awal tahun 2018 atau Senin (1/1) dan kembali normal pada Selasa (2/1) hingga seterusnya.

“Untuk tahun baru, sampai dengan saat ini hanya libur 1 Januari 2018 saja,” terang Aji.

Ia mengaku belum ada tanda-tanda untuk menambah libur perdagangan saham pada momen Tahun Baru 2018 hingga saat ini. Alhasil, tanggal perdagangan 2018 akan dimulai lebih cepat bila dibandingkan perdagangan tahun 2017 yang dimulai pada 3 Januari.

“Kecuali ada arahan lain ya,” imbuh Aji. (C-003/cnn)***