Pangsa Pasar Ponsel Pintar Terbesar di Indonesia

21

VENDOR ponsel pintar lokal di Indonesia rupanya masih mendapat tempat di kalangan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan data yang dirilis IDC dimana Advan muncul dalam posisi ketiga dari 5 besar vendor ponsel pintar di Indonesia.

Posisi tersebut mampu dipertahankan Advan baik saat kuartal kedua dan ketiga 2017. Pada kuartal kedua 2017 Advan meraup pangsa pasar 9% di Indonesia dan menempatkannya di posisi ketiga.

Berlanjut di kuartal ketiga 2017, vendor lokal tersebut masih bertahan di posisinya meski mengalami penyusutan dengan pangsa pasar menjadi 8,3%. Pencapaian ini membuat Advan menyalip Asus, Xiaomi, Vivo dan brand lainnya.

“Advan sangat bangga atas pengakuan yang diberikan IDC, mengingat hanya Advan satu-satunya brand asal Indonesia yang terus bersaing dengan brand Internasional lainnya,” kata Tjandra Lianto, Marketing Director Advan.

Posisi pertama sendiri masih dikuasai oleh Samsung dengan pangsa pasar 30% pada kuartal ketiga 2017. Menyusul Oppo dengan pangsa pasar di Indonesia sebesar 25,5%.

Sementara posisi keempat ditempati Vivo setelah menggeser Asus pada kuartal ketiga. Xiaomi yang terbilang genacar di Indonesia secara berturut-turut bertahan pada posisi kelima baik di kuartal kedua dan ketiga 2017 dengan pangsa pasar terakhir sebesar 6,2%. (C-003/bbs)***