Bunga Bangkai Tumbuh di Perkebunan Milik Warga Cisarua

104

Sebuah bunga raflessia atau biasa disebut bunga bangkai, ditemukan seorang warga di desa Tugu Mukti, kecamatan Cisarua, kabupaten Bandung Barat. Bunga dengan nama latin amorphophallus titanum tersebut, tumbuh di pinggir perkebunan milik warga.

Sebuah bunga raflessia arnoldi atau yang biasa disebut bunga bangkai, tumbuh di pinggiran perkebunan milik warga di desa tugu mukti, kecamatan Cisarua, kabupaten Bandung Barat. Tumbuhan dengan nama latin amorphophallus titanum ini, memiliki tinggi sekitar 50 centimeter dan lebar 30 centimer.

Bunga bangkai itu, tak sengaja ditemukan seorang warga bernama Lia Agustina, saat hendak mengambil tumbuhan obat di belakang rumahnya. Saat itu, ia melihat dan mencium bau tak sedap yang bersumber dari bunga temuannya itu. Meski awalnya ragu, ia pun akhirnya yakin, tanaman tersebut merupakan bunga bangkai.

Temuannya tersebut dibagikan lia dan tetanggannya ke media sosial facebook. Tak sedikit warga yang datang untuk melihat secara langsung tampilan bunga yang terhitung langka ini.

Menurut warga, bunga bangkai ini menjadi yang kedua yang tumbuh di desa mereka. Sebelumnya, bunga serupa pernah ditemukan warga pada tahun 2016. Bunga bangkai yang ditemukan warga kali ini, telah tumbuh selama sebulan lamanya.

Algi Muhammad Gifari, BandungTV.