KPU Jabar Belum Tetapkan Jumlah DPT

42

Meski pelaksanaan pilkada serentak tinggal beberapa bulan lagi, Komisi Pemilihan Umum Jabar masih akan memutahirkan jumlah pemilih tetap atau DPT. 32,5 juta pemilih yang diserahkan KPU pusat untuk pemilihan gubernur, akan dijadikan bahan untuk memutahirkan kembali jumlah DPT. Namun, jika dibandingkan pada pilpres 2014, jumlah DPT di Jabar menurun.

Data 32 koma 5 juta pemilih tetap yang diserahkan Komisi Pemilihan Umum Pusat, akan dimutahirkan kembali oleh KPU Jabar, dan dijadikan bahan untuk membuat DPT per TPS. Hal tersebut disampaikan ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat Yayat Hidayat, usai memimpin rapat internal dengan KPU kota dan kabupaten seJawa Barat, di aula KPU Jabar, jalan Garut, kota Bandung, Rabu siang.

Yayat mengatakan, hingga saat ini jumlah daftar pemilih tetap atau DPT, masih dalam tahap pemutahiran. Dengan begitu jumlah DPT untuk Pilgub Jabar  belum dapat ditetapkan. Namun, dibandingkan pada pilpres dan pilgub sebelumnya, jumlah DPT untuk pilgub tahun 2018 berkurang setidaknya satu juta orang.

Hingga kini, KPU Jabar masih menunggu hasil pemutahiran dari petugas pemutahiran data pemilih atau PPDP, untuk menentukan jumlah dpt dalam pemilihan gubernur, sehingga kenaikan dan penurunannya akan terlihat.

Sebelumnya, KPU Jabar telah menetapkan DPT dalam pilgub Jabar 2018 berjumlah 32 koma 8 juta pemilih. DPT tersebut berkurang sekitar satu juta orang dari Pilgub Jabar 2013.

yuwana kurniawan, bandung tv.