Penampakan Peluncuran Roket SpaceX Falcon 9

32

BEBERAPA waktu lalu, warga Amerika Serikat (AS) di sejumlah area dikejutkan dengan pemandangan tak biasa di langit. Mereka menyaksikan sebuah objek terang kebiru-biruan menyerupai ikan paus. Objek ini bergerak naik ke atas.

Padahal, penampakan objek terang yang melintasi langit AS tersebut tak lain adalah roket SpaceX Falcon 9 yang diluncurkan dari Vandenberg Air Force Base, California pada Sabtu (23/12/2017) waktu setempat.

Sebagian warga tak ingin kehilangan kesempatan untuk mengabadikan momen indah ini. Salah satunya adalah Jesse Watson. Ia merekam video saat SpaceX Falcon 9 meluncur ke atas dalam format time-lapse.

Video tersebut kemudian langsung diunggah ke Facebook dan menerima respons luar biasa. Hingga saat ini, video telah ditonton sebanyak 305 ribu kali dan disukai lebih dari 3.600 pengguna.

4 Kamera dan 5 Lensa

Beruntung bagi Watson bisa mengabadikan peluncuran tersebut. Meski jarak Vanderberg Air Force Base berkisar 400 mil dari tempat tinggalnya di Yuma, Arizona, ia mendapatkan posisi terbaik untuk merekam peluncuran roket SpaceX Falcon 9.

Watson mengungkap, ini pertama kalinya ia merekam dan memotret peluncuran roket. Ia bahkan mengaku tak tahu pasti di mana Falcon 9 akan melintas saat meluncur.

Ia pun memboyong empat kamera dan lima lensa yang memungkinkannya menangkap objek dari jarak jauh pelintasan. Tiga di antaranya untuk merekam time-lapse, sedangkan satunya merekam dan memotret biasa.

Adapun, Watson tiba di lokasi pengambilan Falcon 9 sekitar 45 menit sebelum peluncuran.

“Saya sempat khawatir dan berpikir mungkin (roket) itu tidak akan meluncur atau sesuatu bakal terjadi. Tapi saya terus merekamnya dengan time-lapse,” ungkapnya.

Watson berhasil memotret sebanyak 2.452 gambar selama peluncuran Falcon 9, yang kemudian menyusut menjadi 1.315 gambar usai melalui penyuntingan menggunakan Adobe After Effects dan Premiere Pro.(C-003/Isk)***