Solusi Menghadapi PILKADA JABAR 2018

106

Di jawa barat ada enam belas kota-kabupaten yang melaksanakan pemilihan walikota dan bupati, selain pemilihan gubernur dan wakil gubernur, dalam pilkada serentak 2018. menanggapi hal tersebut, indonesia stategic institute merancang sebuah strategi, untuk mengedukasi demokrasi kepada publik. hal tersebut agar masyarakat lebih mengenal para calon pemimpin yang akan mereka pilih.

2018 merupakan tahun pemilukada serentak di seluruh indonesia. di jawa barat, ada 16 kota-kabupaten yang melaksanakan pemilihan walikota dan bupati, di samping pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Di dalam setiap proses pemilu, berbagai isu negatif pun sering bermunculan, seperti halnya isu suku agama ras dan antargolongan, sehingga menimbulkan blackcampaign. di jawa barat, dengan konfigurasi terbaru, memungkinkan ada isu sara, sekalipun bisa menjadi netral kembali. untuk menanggulangi hal tersebut, indonesia stategic institute atau instrat, merancang sebuah strategi untuk mengedukasi demokrasi kepada publik. hal tersebut dinyatakan sosial analist instrat, saat berkunjung ke bandung tv, jumat pagi.

Di samping itu, edukasi demokrasi yang nantinya dilakukan, bisa lebih mengenalkan masyarakat pada calon pemimpin yang akan mereka pilih. nantinya, publik akan melihat tawaran-tawaran solusi yang ditampilkan oleh kandidat, dalam menghapi berbagai permasalahan. dengan begitu, masyarakat akan memilih pemimpin sesuai kesadarannya.

Rencananya, dalam proses edukasi demokrasi tersebut, instrat akan bekerjasama dengan bandung tv, sebagai stasiun televisi lokal yang lebih mengetahui tentang jawa barat.

Diharapkan, kelak masyarakat bisa menggunakan hak pilih dengan benar, tidak terlibat dalam money politic, dan memilih informasi yang tepat. 

Tim liputan, bandung tv.