Cek Keaslian BPKB Kendaraan

408

BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) merupakan keabsahan mutlak, kepemilikan sebuah kendaraan . Tapi tahukah Anda, saat ini banyak beredar BPKB palsu yang sengaja dibuat oleh oknum tertentu untuk mengelabui pembeli kendaraan bermotor bekas .

Jadi bagi Anda pemilik kendaraan bekas dan memiliki BPKB atas nama orang lain, tak ada salahya coba cek BPKB apakah asli atau palsu. Namun hal ini tidak terpaku hanya bagi pemilik kendaraan bekas, bagi Anda yang beli kendaraan baru ada baiknya juga mengecek keaslian BPKB itu.

Apa saja tanda-tanda yang bisa kita lihat untuk mengecek suatu BPKB asli atau palsu?
Sebagaimana yang disosialisasikan oleh NTMC Korlantas Polri, ada beberapa tanda mutlak keaslian suatu BPKB:

1. Nomor BPKB merupakan nomor rahasia yang hanya diketahui oleh pihak kepolisian, bila suatu saat ingin membeli mobil bekas, silakan cek keasliannya ke Samsat terdekat.

2. Tanda Hologram yang terdapat pada BPKB, jika Anda coba untuk memutar-mutarkannya, maka akan kelihatan gambar lambang Tri Brata Polri. Bagi BPKB palsu sudah jelas tidak akan ada gambar ini.

3. Jika buku BPKB Anda diberikan pencahayaan sinar ultra violet, akan terlihat atau tampak benang dengan bacaan ‘BPKB’ serta bentuk yang terlihat kasar.
Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek keaslian BPKB Anda, jika setelah mengecek, dan Anda merasa ada sesuatu yang janggal dengan BPKB Anda, silakan datang dan tanyakan ke kantor Samsat terdekat.
(E-002/BBS)***