Jelajah Bersama Komunitas Trail Bandung Timur

354

Tidak akan habis membicarakan trek yang dapat dilalui oleh sepeda motor trail. Jawa Barat memang gudangnya para offroader roda dua. Banyak tempat yang bisa digunakan untuk melampiaskan hasrat menikmati alam terbuka berhawa pegunungan.

Beberapa komunitas yang merupakan pionir olahraga adventure motor khususnya di Bandung Timur terus berusaha mengakomodasikan keinginan para pelaku adventure offroad dengan sebuah kemasan yang dapat memberikan kesan serta kepuasan dalam berjelajah.

Upaya tersebut bisa digambarkan dalam ajang UBAR Plus Gordon’s 2017 yang digelar di penghujung tahun, (30,12) di kawasan pegunungan Manglayang Ujungberung, Bandung Timur. Sebanyak 1200 Offroader yang datang dari berbagai kota menapaki tanjakan, berputar atau menuruni jalur di sekitar arena yang sungguh sangat mengasyikan. Karena konfigurasi tanah umumnya bergelombang dan sangat variatif. Total jarak yang ditempuh oleh peserta mencapai 40 kilometer.

Kegiatan Ulin Bareng ”Batur Dulur Salembur Dina Raraga” ngegas bareng bersama Kabid Wisata IMI Jabar bersama AKBP. Drs. H. Rudy M. SH ini terbuka bagi siapa saja. Bebas dan tidak ada klasifikasi kendaraan. Nuansa even dikemas dengan suasana petualangan alam terbuka.

”Walau jarak hanya 40 km, jalur pilihan yang dikemas oleh lebih dari 10 komunitas Trail Adventure yang ada di Bandung Timur ini bikin adrenalin terpacu. Sebab, selain debu tebal ada tanjakan dan turunan curam berliku yang menantang peserta. Tak heran gelaran Ubar Plus Gordon’s ini bikin seru dan berkesan.

Dengan ulin bareng ini, silaturami diharapkan bisa lebih erat lagi dan mengguyubkan para penghobi trail adventure terutama komunitas trail yang ada di Bandung Timur,”kata, AKBP. Drs. H. Rudy M. SH, Kabid Wisata IMI Jabar bersama Asep Halim selaku Owners Gordon’s.

Lintasan yang menjadi trek petualangan dise- suaikan dengan kontur pegunungan yang terbilang bervariasi di kawasan Sirkuit Bako Ujungberung. Hutan lebat dengan kemiringan bukit curam dalam jarak yang relatif panjang, dilalui offroader saat melewat kawasan Cikawari, Pangparang, Curug, dan Karpet.  Tak ada kendala yang dialami oleh seluruh peserta saat mengarungi perjalanan dengan permukaan trek ke­ring selama 3 jam lamanya.

Jatuh saat melintasi tanjakan dan turunan ekstrem sudah menjadi pemanda­ngan yang lazim dalam kegiatan trail adventure. Namun para peserta dipastikan tetap dalam keadaan aman, selamat, dan tidak merusak alam.

Seluruh peserta kegiatan ”Ulin Bareng Plus Gordon’s” ini, berakhir di lapangan di kawasan Pucuk Ibun Ujungberung. Perhelatan nonkompetisi adventure offroad ini dipentaskan dalam rangka menjalin silaturahmi sesama dirtracker mania yang datang dari berbagai bendera komunitas.

Setelah tiba dan berkumpul/ seluruh, offroader beristirahat sambil menikmati sajian hiburan musik dan mengikuti pembagian hadiah doorprize 1 buah sepeda motor serta1 tiket ibadah umroh. (E-002)***