Pasar Otomotif 2018 Diprediksi Stabil

102

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi pasar mobil pada tahun 2018 ini akan stabil, karena kondisi perekonomian yang stabil.Dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis Bandung, Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto mengatakan, pihaknya optimistis penjualan mobil positif dan minimal sama seperti 2017. Jenis mobil yang paling laris, masih dipegang segmen LMPV dan SUV. Pasar mobil domestik juga semakin semarak, karena ada dua pemain baru, yaitu Wuling dan Sokon asal Tiongkok. Ini membuat konsumen memiliki banyak pilihan.

”Mobil sudah menjadi bagian dari ekonomi dan untuk tahun ini saya kira prospeknya cukup baik,” papar Jongkie. Sedangkan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memperkirakan angka penjualan mobil pada tahun 2018 akan naik hingga 1,2 juta unit.

Kendati demikian, penjualan tahun lalu tidak jauh berbeda de­ngan tahun 2016 sebanyak 1,06 juta unit karena dalam 11 bulan terakhir angka penjualan wholesale baru mencapai 994.436 unit berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). (E-002)***