Limbah Cair Cemari Sawah Warga

138

Ratusan hektar lahan persawahan di kecamatan majalaya, kabupaten bandung, tercemar limbah cair hasil dari celupan tekstil. selain mencemari lingkungan, limbah cair yang langsung dibuang tanpa melewati ipal, juga menyebabkan warga serta petani yang tak jauh dari lokasi pabrik, terserang penyakit kulit dan gangguan pernapasan.

Beginilah kondisi lahan pertanian padi di kecamatan majalaya, kabupaten bandung.  lahan pertanian padi di sekitar pabrik ini, masih dialiri air sisa pencelupan kain tekstil.

Lubang pembuangan limbah cair dari hasil pencelupan kain ini, disimpan di belakang pabrik dan berdampingan dengan sawah. di tempat ini, pipa pembuangan sengaja disimpan di dasar selokan agar tak terlihat.

Pembuangan limbah pabrik ini dikontrol melalui kamera cctv. saat ada petugas dari luar pabrik yang mengontrol lokasi pembuangan limbah, otomatis pembuangan akan dihentikan karena terpantau dari kamera cctv.

Karena mengairi persawahan di sekitar pabrik, limbah cair yang paling banyak dikeluarkan pada jam 9 malam ini, dikeluhkan petani sekitar. petani yang biasa mengurus sawahnya, sering merasakan gatal pada kulit, bahkan hingga infeksi saluran pernapasan.

Permasalahan limbah di kawasan majalaya ini, terjadi sejak dua puluh tujuh tahun silam. akibat pencemaran lingkungan, warga sekitar terus merasakan dampak limbah cair yang sengaja dibuang tanpa melewati instalasi pengolahan air limbah.

 

Rezytia prasaja, bandung tv.