Musim PILKADA berkah bagi pengusaha percetakan

140

Memasuki musim pilkada serentak 2018, hampir seluruh percetakan di kota bandung, kebanjiran pesanan dan akan naik omzet hingga seratus persen. banyak calon kepala daerah yang memesan alat peraga sebagai bagian dari kampanye.

pesanan tidak hanya dari kota bandung dan jawa barat, melainkan juga dari sejumlah daerah di luar pulau jawa. saat ini, produksi pun menunggu keluarnya nomor urut pasangan calon yang ditetapkan kpu.

Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah sudah mulai dan menunggu kampanye dari para pasangan calon kepala daerah. hal tersebut walau sudah sejak tahun lalu, sejumlah spanduk, poster maupun baliho telah ramai dipasang di sejumlah ruas jalan, untuk sosialisasi kepada masyarakat.

Bagi para pengusaha percetakan, pilkada serentak merupakan berkah. mereka akan kebanjiran pesanan dari para calon pemimpin daerah yang bertarung dalam pilkada serentak. salah satunya, di pusat percetakan di sepanjang jalan pagarsih, kota bandung.

Para pengusaha mengaku, pesanan dari para calon sudah sejak tahun lalu. itu pun hanya dalam tahap ssosialisasi atau mengenalkan sosok calon kepada masyarakat.

Kini setelah pendaftaran ke kpu di masing-masing daerah, para pengusaha mengaku sudah mendapat pesanan, tapi belum membuatnya. pesanan merupakan berkah tersendiri bagi para pengusaha, karena omzet mereka akan naik.

Tidak hanya dari jawa barat, banyak juga pesanan dari calon kepala daerah di luar pulau jawa, seperti kalimantan, sumatera, dan sulawesi. pesanan yang paling banyak berupa kalender, bendera, kaos, poster, hingga stiker.

Walau saat ini belum memproduksi, banyak calon yang telah menawr. para pengusaha ini pun tidak mau mengecewakan konsumen, dan tetap menjaga kualitas produknya.

Yuwana kurniawan, bandung tv.