Go Green & Pengukuhan Trabas Layung Sangkuriang

124

Aktivitas offroad dan lainnya yang terkait alam terbuka tak bisa dipungkiri memiliki dampak terhadap lingkungan. Namun yang perlu dipikirkan, bagaimana caranya untuk meminimalisir kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas tersebut. Untuk menepis anggapan miring atau stigma negatif masyarakat , bahwa aktifitas offroad sebagai perusak lingkungan, segenap calon anggota Trabas angkatan Layung Sangkuriang melakukan kegiatan Go Green, yakni penanaman bibit pohon di kawasan Tahura Dago Bandung, Sabtu (20/1).

Sejak pagi hari mereka mempersiapkan bibit pohon, serta mengikuti pengarahan yang dilakukan para senior Trabas dan  pihak perwakilan pengelola Tahura. Momen ini menjadi kesempatan baik dan komitmen bersama komunitas Trabas yang menjalin kerjasama bersama pengelola Tahura Dago dalam upaya melestarikan lingkungan.

Para calon anggota Trabas angkatan Layung Sangkuriang dilepas secara bertahap, dan menyusuri kawasan Tahura, kawasan hutan dan perbukitan yang menjadi arena bermain untuk melakukan aktivitas offroad, menjadi perhatian mereka untuk dijaga kelestariannya dengan menghijaukannya kembali.

Setelah melakukan aktifitas go Green dan offroad bersama di kawasan Tahura, segenap calon anggota angkatan LS mengakhiri kegiatannya di Secaba Rindam III Siliwangi Sindanglaya. Sebanyak 100 calon anggota dikukuhkan secara resmi menjadi anggota Trabas yang baru.

“Untuk menjadi anggota Trabas, para calon anggota harus melewati serangkaian tahapan, di antaranya  mengikuti diklat teori dan praktek, eksploring dan observasi, menggelar kegiatan baksos, Go Green, hingga menyelenggarakan kegiatan Ulin Bareng.

Aktifitas Go green yang dilakukan oleh angkatan LS inilah yang menjadi tahapan akhir yang wajib ditempuh dalam Diklat ke-10 untuk menjadi anggota baru Trabas,”kata Eddy Jalus & Wawan Suherman, Pentolan Trabas.

Ditempat inilah para calon anggota Trabas angkatan Layung Sangkuriang harus mengikuti prosesi pengukuhan yang dikemas dengan games menarik dan seru, serta cukup berkesan.

Akhirnya Trabas angkatan Layung Sangkuriang resmi dikukuhkan menjadi bagian dari keluarga besar Trabas angkatan ke-10. Sebelumnya Trail Adventure Bandung Association telah memiliki beberapa angkatan yang terdiri dari angkatan Nol, Oray Kadut, Rawa langit, Kawah Bentang, Careuh Bulan, Petir Puntang, Gerhana Puntang, angkatan Bentang Pangparang, dan Rawa Munding. (E-002)***