Penjualan Otomotif Tahun Ini Tumbuh 4,6 %

76

Penjualan kendaraan bermotor tahun ini bisa menyentuh angka 1,125 juta unit atau tumbuh 4,6%, kata Lembaga riset Frost & Sullivan. Prediksi ini, berbeda tipis dengan Gaikindo yang mematok 1,1 juta atau naik 1,8% dibanding 2017.

“Kehadiran model baru bisa menjadi pendorong penjualan otomotif di tanah air. Rendahnya suku bunga acuan bisa semakin meningkatkan penjualan tahun ini,” kata Senior Vice President of Mobility Frost & Sullivan, Vivek Vaidya dalam keterangannya kepada media.

Namun, Vivek melihat sentimen negatif yang bisa menekan angka penjualan kendaraan. “Pelaku industri harus mewaspadai kenaikan harga minyak dunia yang bisa menekan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Kenaikan harga minyak dunia, secara tidak langsung bisa berdampak pada target penerimaan pajak yang ujung-ujungnya menekan industri kendaraan bermotor,” paparnya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mematok target konservatif tahun ini. Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, memprediksi, angka penjualan kendaraan roda empat tahun ini sebesar 1,1 juta unit atau naik 1,8% dibanding 2017, dengan kuantitas penjualan 1,079 juta unit.

“Gaikindo mencatat total produksi mobil hingga November 2017 mencapai 1,13 juta unit. Bila melihat sejumlah indikator sepanjang tahun lalu, kami menaruh harapan akan ada pertumbuhan penjualan kendati tidak besar,” ucap Jongkie. (E-002/BBS)***