Harga Ikan Laut Naik

96

Sepekan sudah harga sejumlah ikan laut di sejumlah pasar tradisional di pasar Soreang, kabupaten Bandung, masih tergolong tinggi. Cuaca buruk membuat harga sejumlah ikan laut naik hingga sepuluh ribu rupiah.

Berdasarkan data yang dihimpun dari pedagang pasar tradisional Soreang, kabupaten Bandung, rata-rata kenaikan harga ikan laut berada di kisaran sepuluh ribu hingga dua puluh ribu rupiah. Kenaikan harga ikan laut tersebut disinyalir akibat cuaca buruk.

Ikan tenggiri naik dari 60 ribu menjadi 70 ribu rupiah, ikan gambung dari 36 ribu menjadi 42 ribu rupiah, udang 60 ribu jadi 70 ribu rupiah, cumi-cumi naik dari 50 ribu menjadi 60 ribu rupiah, ikan bawal naik dari 80 ribu menjadi 100 ribu rupiah, dan ikan kakap dari 65 ribu menjadi 70 ribu rupiah.

Menurut seorang pedagang ikan laut, Cecep Supriadi,  harga ikan laut naik karena cuaca buruk. Kenaikan harga ikan laut berkisar antara sepuluh ribu hingga dua puluh ribu rupiah.

Jika cuaca di laut masih buruk, kemungkinan harga ikan pun akan tetap tinggi. Selama ini, pihaknya membeli ikan dari bandar di pasar Ciroyom dan Caringin kota Bandung. Sekali belanja, pihaknya bisa menghabiskan uang dari 3 koma 7 juta hingga 6 juta rupiah.

Rezytia Prasaja, BandungTV.