Merawat Mobil Hitam Agar Tetap Kinclong

267

Hitam menjadi salah satu warna yang tengah tren belakangan ini dan kerap dipilih oleh Anda yang ingin membeli mobil. Berbeda dengan warna lainnya, mobil-mobil dengan guyuran warna hitam memerlukan perawatan yang lebih ekstra. Jangan gara-gara perawatan yang salah, mobil hitam kesayangan Anda jadi terlihat kusam dan tidak resik.

Untuk Anda pemilik mobil-mobil hitam, berikut tips perawatannya.

  • Pilih Waktu dan Kain Lap

Sebelum Anda mencuci mobil,  harus mencari waktu  tepat . Pagi atau sore hari merupakan saat yang tepat untuk memandikan mobil hitam kesayangan Anda.

Ini penting, jika Anda mencuci mobil pada siang hari, sisa air akan meninggalkan bercak apabila tidak langsung dilap dengan benar. Jangan lupa untuk menggunakan kain lap dari bahan microfiber, hingga tidak ada satu  tetes pun air  di bodi mobil.

Selain dapat meninggalkan bercak, sisa air di bodi mobil sangat berpotensi tumbuhnya jamur secara cepat. Sisa air yang tertinggal di permukaan bodi mobil dan menguap akibat panas matahari, merupakan tempat ideal  tumbuhnya jamur.  Agar benar-benar kering dan mencegah baret halus atau sarang laba-laba (swirl), seka atau laplah sisa air dengan gerakan searah.

  • Perhatikan Proses Detailing dan Paint Protection

Mobil-mobil berwarna hitam cenderung terlihat lebih cepat kusam, mengingat lapisan pernis di cat sangat tipis. Setahun sekali merupakan waktu yang tepat untuk melakukan proses detailing. Ini penting untuk menjaga agar lapisan pernis tidak cepat tipis dan mampu mencegah risiko baret.

  • Hindari Deterjen

Lapisan cat mobil bakal lebih cepat kusam manakala Anda menggunakan bahan pembersih yang mengandung deterjen atau kimiawi dalam waktu lama.

Untuk itu, perhatikan dengan seksama bahan pembersih yang akan Anda gunakan. Disarankan gunakan sabun atau sampo mobil yang memiliki bahan dasar air. Sabun dengan kandungan ini dapat Anda temukan di pasaran.

  • Usir Dengan Kemoceng

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan saat membersihkan mobil hitam dari debu adalah, jangan menekan kemoceng secara berlebihan. Agar tidak baret, sebaiknya Anda cukup menyekanya saja untuk menyingkirkan debu yang menempel di mobil.

Selain itu, perhatikan juga bahan sarung penutup mobil. Karena sarung mobil yang terbuat dari bahan kasar dapat menggores lapisan cat mobil. (E-002)***