TNI-POLRI Siap Amankan Pilkada Serentak

234

KAPOLDA Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, meyakinkan kepada masyarakat, TNI-POLRI siap mengamankan PILKADA serentak pada 27 Juni 2018. hal tersebut dinyatakannya seusai apel deklarasi PILKADA Damai di Kota Sukabumi, beberapa waktu lalu.

Seusai apel deklarasi pilkada damai beberapa waktu lalu, kaPOLDA Jabar menyatakan, apel pilkada damai kali ini diselenggarkan di Kota Sukabumi, setelah cirebon dan garut. Apel pilkada selanjutnya akan dilaksanakan di BOGOR. Kegiatan ini sebagai upaya pemeriksaan kesiapan personel dan peralatannya.

Apel ini pun untuk meyakinkan masyarakat, TNI-POLRI siap mengamankan pilkada. Keberadaan komunitas netizen yang mendeklarasikan anti hoaks dan ujaran kebencian atau hate speech, serta dukungan personel dan peralatan pengamanan, pun diharapkan membuat pilkada di Sukabumi khususnya dan jawa barat umumnya berjalan aman dan kondusif.

Untuk mengantisipasi potensi kerawanan selama kampanye seperti pelanggaran yang mengganggu stabilitas kemananan, POLDA Jabar akan mengambil langkah tegas, diantaranya mengusulkan pembatalan atau penundaan kepada kpu baik provinsi maupun Kabupaten-Kota, dan bersama bawaslu menertibkan kampanye yang tidak berdasar.

Untuk penanganan tindak pidana pilkada, POLDA Jabar, kejaksaan, bawaslu, dan panwaslu pun akan mengoptimalkan peran gakkumdu. Keberadaan sentra gakkumdu dapat menyelesaikan dengan tuntas setiap pelanggaran secara tegas profesional, proporsional, dan prosedural.

 

Rully Ardiansyah, Bandung TV