Arung Jeram di Sungai Cikundul Menikmati Wisata Alam Liar

241

Kabupaten Cianjur  kaya potensi wisata alam. Di wilayah ini cukup banyak destinasi wisata alam jempolan. Salah satu destinasi wisata alam , di antaranya arung jeram , kegiatan yang dikenal dengan aktivitas memacu adrenalin . Arung jeram merupakan sebuah kegiatan yang digandrungi oleh para pehobi petualangan di alam terbuka.

Di Cianjur terdapat sebuah sungai yang bisa digunakan untuk beraktivitas arung jeram yang sudah banyak dikenal , yakni sungai Cikundul.

Trek atau alur lintasan arung jeram di sungai Cikundul memanjakan para pecinta olahraga ektrim. Sungai Cikundul sepanjang sembilan kilometer di wilayah Desa Cijagang masih terjaga kelestariannya.

Selain itu sungai ini memiliki kelebihan yakni pada tata letak batuannya, hingga menjadikan aliran sungai sangat menantang saat diarungi. Sebelum memulai kegiatan arung jeram, terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan sebagaimana arahan yang disampaikan para pemandu.

Biasanya sang pemandu akan memberitahu apabila perahu akan melewati jeram yang memiliki arus yang kuat. Wisata arung jeram , memang tidak terlalu sulit , tetapi tetap membutuhkan kewaspadaan.Kemudian membawa dan memakai peralatan lengkap,peralatan ini sudah disiapkan oleh operator arung jeram.

Ada beberapa paket arung jeram,pertama paket 1 hari bertarif Rp250.000/pax minimal 4 orang, Anda bisa menjelajahi sungai Cikundul sepanjang 9 KM, paket ini sudah termasuk biaya instruktur, sertifikat, welcome drink kelapa muda, transfort ke lokasi rafting pulang-pergi, coffe break, asuransi, dokumentasi, 1 x makan, hingga Ziarah ke Makam Cikundul.

Paket 2 betraif Rp555.000/pax minimal 4 orang,selama 2 hari 1 malam. Rafting Cikundul sepanjang 9 KM, instruktur, camping di Bougenville Park, 3 kali makan (Breakfast, Lunch, Dinner), 2 kali coffe break, snack, kelapa muda, fun games, flying fox, paint ball, gratis masuk ke dragon swimming pool, d’orange point, dokumentasi, sertifikat, asuransi, transfort dari The Jhon’s ke lokasi rafting pulang-pergi, hingga Ziarah Makam Cikundul.

Kemudian paket ke 3 yang bertarif Rp 650.000/pax minimal 4 Orang, bedanya dengan paket 2 di tempat menginapnya, pada paket ini wisatawan menginap di Villa Ethnic.

Selama pengarungan para pelancong akan disuguhi pemandangan khas pedesaan,pemandangan ini sangat menyejukan mata.Klasifikasi jeram mulai dari yang biasa hingga jeram yang cukup berbahaya,namun jangan khawatir para pemandu profesional dengan sigap menjaga keselamatan Anda.

Wisata arung jeram Cikundul baru beberapa tahun dibuka, namun pelancong yang datang cukup banyak.Para pelancong selain berasal dari daerah sekitar Cianjur,  juga dari beberapa kota lain di Jabar dan DKI Jakarta.

Obyek Wisata Arum Jeram di Sungai Cikundul di Cianjur Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah cianjur  juga sangat ramah  terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

lokasi tepatnya berada di Desa Cijagang,Kecamatan Cikalong Kulon,Kabupaten Cianjur.Aksebilitas menuju lokasi cukup baik,dengan menggunakan kendaraan roda empat atupun kendaraan roda dua.Selain itu bila tidak membawa kendaraan pribadi,banyak kendaraan umum menuju lokasi dari pusat Kota Cianjur. (B-001) ***