Sedimentasi Citarum Semakin Parah

135

Sedimentasi di daerah aliran sungai citarum, dan sub-das citarum, kondisinya sudah semakin memprihatinkan. dikhawatirkan, dengan adanya sedimentasi yang sangat parah ini, dapat menimbulkan bencana alam, terurama pada saat hujan deras turun, mengguyur wilayah hulu sungai citarum.

Dari hasil pengambilan sample sedimentasi, yang dilakukan oleh kementrian lingkungan hidup dan kehutan republik indonesia, di aliran anak sungai citarum, yang berada di kecamatan pacet, kabupaten bandung, jawa barat, membuktikan adanya pendangkalan sungai, akibat material lumpur yang terbawa dari hulu sungai citarum.

Dengan data yang diperoleh tersebut, dikhawatirkan kondisi sedimentasi di sepanjang aliran sungai citarum, hingga hilir,  akan semakin parah. Pasalnya, semakin ke hilir aliran sungai citarum ini berdiri permukiman penduduk, dan pabrik-pabrik yang dapat mempercepat pendangkalan sungai.

Menurut direktur perencanaan dan evaluasi pengendalian das pada kementerian lingkungan hidup dan kehutanan ri, Yuliarto Joko Putranto, jika proses sedimentasi terus meningkat, dikhawatirkan bencana hidrologi berupa banjir sangat berpotensi terjadi, karena ketidakmampuan sungai menampung debit air, dan kualitas das semakin menurun.

Diharapkan dengan ditemukannya sumber masalah yang terjadi di sepanjang aliran sungai, baik sedimentasi maupun pencemaran sungai, masing-masing kepala daerah dan pemerintah pusat dapat merancang kebijakan dalam pengelolaan daerah aliran sungai secara baik. terutama dalam hal manajemen pengelolaan lahan das, sehingga pendakalan sungai bisa di minimalisir.

Rezytia Prasaja, Bandung TV.