Alih Fungsi Lahan Marak, Kantor BPN Didemo

147

Massa aksi antifungsi lahan, berunjuk rasa ke kantor badan pertanahan kabupaten Cianjur di jalan raya Bandung. Dalam orasinya, belasan pendemo meminta BPN Cianjur tidak merekomendasikan alih fungsi lahan di Cianjur, khususnya sawah produktif.

Dengan mendapat pengawalan ketat kepolisian resort Cianjur, belasan demonstran yang tergabung dalam Cianjur aktivis independen, langsung memasuki halaman kantor BPN Cianjur di jalan raya Bandung. Aksi tersebut sontak membuat para petugas BPN menyaksikan serta menanggapinya.

Demonstran menuding BPN Cianjur memberikan surat pertimbangan teknis atau pertek kepada pihak-pihak terkait yang mendirikan perumahan dan gedung pabrik di lahan pesawahan, khususnya di kecamatan sukaluyu dan sekitarnya.

Saat menemui para demonstran, kepala badan pertanahan nasional kabupaten Cianjur, lutfi zulkarnaen menyatakan, pihaknya sudah berkonsultasi dengan kanwil, sehingga BPN tidak bisa memberikan pertek seenaknya.

Sementara itu, menurut koordinator aksi Farid, selama ini pihaknya bersama warga  selalu mempertahankan lahan produktif. namun, kini, justru banyak berdiri gedung pabrik di atas lahan sawah produktif.

Izin mendirikan bangunan di lahan sawah produktif salah satunya pertek dari BPN. Oleh karenanya, demonstran mempertanyakan hal itu kepada pihak BPN Cianjur.

Heri Stiawan, Bandung TV.