Menjajal Lintasan Trek Esktrem Jalan Cagak Subang

179

Tren serta kecenderungan kegiatan trail adventure terus meningkat. Event trail adventure offroad hampir setiap akhir pekan diselenggarakan, bahkan dua atau lebih kegiatan digelar secara serentak di tempat yang berbeda.  Semangat untuk menggelorakan kegiatan offroad dilakukan warga Kecamatan Jalan Cagak Kabupaten Subang, dan mendapat sambutan positif  unsur pimpinan daerah yang turut serta menyukseskan acara offroad yang terkait dengan hari jadi Kecamatan Jalan Cagak ke-37.

Daerah ini merupakan area yang jauh dari keramaian, tetapi memiliki keelokan panorama yang indah khas Jalan Cagak . Segala potensi yang telah dimiliki, menjadi sebuah keyakinan untuk mengenalkan daerahnya melalui sebuah perhelatan otomotif.

Komunitas trail adventure bernama Terjal (Trail Adventure Jalan Cagak) yang terbentuk di daerah ini, mengemas sebuah kegiatannya dalam ajang “Ulin bareng Terjal” dalam format One Day trip Fun Adventure offroad, Minggu (4/2).

Cuaca mendung yang menghiasi suasana pagi hari, tak menyurutkan niat para adventure mania yang datang dari berbagai kota yang datang memeriahkan jalannya acara.

Teman sesama kolega dan penghobi lintas komunitas trail, diundang untuk turut berpetualang bersama menjelajahi panorama alam khas Subang. Tak pelak, jumlah peserta pun membengkak, menyentuh angka 1600. Hujan yang turun selama event berlangsung, tak membuat event Ubar ini mengalami kendala dan tetap berjalan dengan mulus.

Jalur dalam Ubar Terjal  ini memiliki karakter lintasan yang lengkap, dengan kondisi tanjakan dan turunan curam serta jalur sempit yang harus dihadapi, membuat seluruh peserta harus waspada ketika hendak melewatinya.

Apalagi cuaca hujan yang terus mengiringi selama perjalanan membuat lintasan menjadi lebih berat. Kombinasi trek single dan double dibuat untuk mengakomodir para offroader yang hobi dengan kecepatan untuk memacu kuda pacunya. Kawasan perkebunan masyarakat yang indah jadi pemandangan menarik selama perjalanan.

Satu persatu peserta harus melintasi aliran sungai kecil menuju kawasan galian pasir. Ditempat inilah para offroader harus rela antri, karena  kondisi jalan menanjak berupa tanah pekat yang cukup menguras energi dan menguji kepiawaian offroader dan performa kuda pacunya. Tak sedikit para offroader yang mengalami kendala, mereka saling membantu.

Ada dua tanjakan Terjal dan bagja yang tengah dipersiapkan para pentolan Terjal. namun kondisi trek yang tidak memungkinkan akibat turunnya hujan, membuat kedua tanjakan yang sangat curam tersebut tak dilewati oleh keseluruhan peserta.

Rasa lelah yang dirasakan offroader ketika melewati kawasan galian pasir, hilang begitu saja ketika menyusuri kawasan hutan sawit yang cukup segar. Di kawasan inilah para offroader bisa memacu dengan kencang kuda pacunya hingga mencapai garis Finish.

Hiburan musik dangdut sudah menjadi menu wajib dalam setiap penyelenggaraan adventure. Suasana akrab antara offroader begitu terasa ketika berjoged bersama menikmati alunan lagu dangdut sambil menunggu doorprize . Acara dipandu langsung oleh MC Kondang Wan Van hauw.

“Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin yang berlangsung disetiap tahunnya. Selain dapat menjalin silaturahmi dengan sesame penghobi motor trail  yang datang dari berbagai kota. Kami ini membantu pemerintah daerah Subang dalam memperkenalkan berbagai potensi daerah yang ada di kawasan Jalan Cagak Subang,” kata Aki Dono, punggawa Terjal . (E-002)***