Mangga Gedong Gincu Majalengka Diminati Pasar Timur Tengah dan Asia

223

Mangga gedong gincu menjadi salah satu komoditas pertanian unggulan Kabupaten Majalengka. Tidak hanya terkenal di pasar dalam negeri, mangga gedong gincu mampu menembus pasar  negara-negara Timur Tengah dan Asia.

Rasanya yang manis dan segar dengan sedikit asam serta warna kulit yang kuning kemerahan adalah daya tarik utama buah dari Majalengka ini.

Mangga gedong gincu mungkin bisa ditanam di daerah lainnya diluar Majalengka,namun untuk rasa serta bentuk hanya mangga gedong gincu dari Majalengka  yang berkualitas super.

Tidak diketahui sejak kapan manga gedong gincu ada di Majalengka, misalnya keberadaan pohon mangga gedong di samping Pendopo Gedung Negara Majalengka.

Di sana terdapat dua pohon mangga gedong dengan tegakan pohon cukup tinggi dan besar yang entrinya kerap diambil untuk ditangkar oleh Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka serta para penangkar dari berbagai wilayah.

Tidak jelas siapa yang menanam kedua pohon mangga tersebut dan berapa tahun usianya. Hanya memang kedua  pohon mangga tersebut ukurannya cukup besar, dahannya saja  mencapai diameter kurang lebih satu meteran.

Kedua pohon mangga tersebut memiliki hak paten bibit pertama mangga gedong gincu yang sertifikatnya dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian pada tahun 1995 setelah terlebih dulu dilakukan penelitian oleh sebuah lembaga peneliti dari  Kementerian.

Jenis mangga ini dinamai gedong gincu karena warna kulitnya cantik dan cerah. Warna buah terdiri dari perpaduan warna hijau dengan area tengah berwarna merah menyala dan oranye sedikit kekuning-kuningan. Rasa dominan manis dan sangat segar.

Mangga gedong gincu khas Majalengka memiliki biji yang kecil dan pipih sehingga daging buah dapat dikupas lebih mudah dan berserat halus, hingga mudah dicerna.  Mangga gedong gincu mengandung betakaroten tinggi yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu mangga gedong gincu juga mengandung vitamin A, B, C, E, dan beberapa mineral seperti potasium, selenium, dan zat besi.

Mengonsumsi mangga gedong gincu bermanfaat untuk kesehatan mata, kesehatan kulit, mengurangi stres, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan resiko tekanan darah tinggi, mengatasi gejala anemia, melindungi dari serangan jantung, dan mengurangi resiko pengeroposan tulang (osteoporosis).

Semua wilayah kabupaten Majalengka bisa di tanami pohon mangga gedong gincu,salah satu sentra komoditas mangga gedong gincu terletak di Desa Cijurey.

Dari daerah ini setiap tahunnya dihasilkan manga gedong gincu kualitas super.Selain untuk konsumsi dalam negeri , juga di ekspor ke mancanegara.Rata rata pohon mangga di sini menghasilkan 400 kg sekali panen.Kisaran harga perkilogram Rp 25.000.

Bila persediaan berkurang harga otomatis merangkak naik.Masyarakat petani manga gedong gincu ,rata rata kehidupannya cukup mapan.Perawatan pohon mangga gedong gincu biasanya dilakukan diluar masa panen,masa panen biasanya pada bulan Maret-Mei serta September-Oktober. (E-001) ***