Sehari Jelang Imlek, Vihara Bersolek

109

Menjelang hari raya Imlek, vihara Darma Ramsi kota Bandung bersolek. Dalam menyambut Imlek, vihara tersebut telah membuat ratusan lilin besar sebagai simbol menerangi dunia. Uniknya, di vihara tersebut, sejumlah umat muslim membantu dalam mempersiapkan hari raya Imlek.

Hari raya imlek membuat vihara Darma Ramsi di kota Bandung bersolek. Sebagai bentuk tradisi beribadah, Vihara Darma Ramsi telah membuat ratusan lilin besar.

Lilin-lilin besar ini dibagi menjadi dua ukuran. Ukuran sedang setinggi seratus sentimeter, dan yang paling besar seratus delapan puluh sentimeter. Lilin besar ini dibuat dari bahan daur ulang lilin tahun lalu. Proses pengerjaan lilin besar ini sudah dilakukan sejak sebulan lalu.

Selain itu, dalam menyambut hari raya Imlek, sejumlah pengurus dan pekerja membersihkan patung dan benda-benda suci di vihara tersebut. Uniknya, sebagai bentuk toleransi umat beragama, sejumlah umat muslim ikut membantu mempersiapkan hari raya Imlek.

Pengurus vihara Darma Ramsi, Darmawan Asigit mengatakan, menjelang imlek, pihaknya membuat 60 lilin ukuran besar, dan 2 ratus lilin ukuran sedang. Selain sebagai tradisi untuk beribadah, lilin besar juga simbol menerangi dunia.

Sejauh ini, persiapan vihara darma ramsi untuk menyambut imlek sudah 90 persen. Diperkirakan, ada ribuan umat Tionghoa dari Bandung Raya, yang akan beribadah di vihara tersebut.

Yuwana Kurniawan, Bandung TV.