KPU Coklit Warga Binaan Di Lapas Kelas 2 Sumedang

122

KPUD Kabupaten Sumedang mendatangi lembaga pemasyarakatan kelas dua Kabupaten Sumedang, untuk pencocokan dan penelitian atau coklit, warga binaan. Coklit dilakukan, untuk mendata mereka agar dapat ikut dalam pemilihan umum serentak, dua puluh tujuh juni mendatang. Terdapat dua ratus tujuh puluh tujuh warga binaan, yang terdaftar sebagai pemilih tetap.

KPUD Kabupaten Sumedang yang diketuai divisi hukum-sdm-dan partisipasi masyarakat, didampingi anggota staff KPUD, beserta panwaslu Kabupaten Sumedang, mendatangi lembaga permasyakatan kelas dua Kabupaten Sumedang.

Mereka mencocokkan dan meneliti atau coklit warga binaan, untuk pendataan pemilih menjelang pemilihan umum bupati dan gubernur 2018.

Warga binaan di lapas Sumedang berjumlah 2 ratus 7 puluh 7 orang, terdiri dari 2 ratus 6 puluh 6 laki-laki dan 11 perempuan. Mereka semua masuk dalam daftar pemilih tetap atau dpt. Namun, jumlah tersebut bisa berubah, karena ada warga binaan yang bebas dan juga dipindahkan.

Elsya mengatakan, belum ada aturan saat pencoblosan harus ada tps di lapas. Agar hak suara warga binaan tidak hilang, maka tps terdekat akan menyambangi lapas.

Diki Darusman, Bandung TV