Presiden Resmikan Program Citarum Harum

80

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meresmikan program Citarum Harum, di situ Cisanti, kecamatan Kertasari, kabupaten Bandung, pagi tadi. Presiden bersama jajaran kabinet menteri terkait, juga menanam pohon untuk melestarikan kembali hulu sungai Citarum.

Didampingi para menteri. Presiden Republik Indonesia, joko widodo, meresmikan program Citarum Harum, di Situ Cisanti, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Sebelum peresmian, presiden Joko Widodo, sempat menanam pohon, yang diikuti seluruh tamu undangan.

Program Citarum harum merupakan langkah yang dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta petugas TNI- Polri, guna menangani sungai terpanjang di Jawa Barat, yang kondisinya sangat meprihatinkan karena tercemar limbah dan sampah.

Ditegaskan Joko Widodo, penanganan sungai Citarum sudah mulai dilakukan, dengan sasaran utama di kawasan hulu sungai, di Situ Cisanti. Presiden juga mengatakan, dirinya akan terus memantau penanganan sungai, dengan memeriksa setiap 3 hingga 6 bulan sekali.

Sungai Citarum merupakan sumber air baku bagi dua puluh lima juta warga, di Jawa Barat dan Jakarta. Diharapkan, sungai Citarum bisa bersih seperti semula, dan terbebas dari pencemaran lingkungan, yang sudah merusak ekosistemnya.

 

Rezytia Prasaja, Bandung TV.