Dari Bukit Tranggulasih Bisa Terlihat Hamparan Tiga Kota

160

Destinasi yang kami kunjungi di Baturaden , yakni Bukit Tranggulasih. Untuk menuju ke lokasi harus menggunakan kendaraan yang kondisinya prima, karena  jalanannya cukup curam dan banyak tanjakannya. Terletak di Desa Windujaya Kecamatan Kedungbanteng Banyumas,  berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota. Bukit ini menarik perhatian wisatawan dalam maupun luar kota.

Dapat ditempuh dari dua jalur,  dari Desa Kedungbanteng ke utara lewat gerbang masuk Curug Gomblang,  juga dari kawasan wisata Curug Bayan Baturaden.

Daya tarik utama Bukit Tranggulasih terletak pada pemandangan alam,topografi kawasan terletak pada ketinggian 750 mdpl. Di bukit ini udara terasa asri , sangat sejuk. Dari bukit ini Anda bisa melihat Kota Purwokerto dari ketinggian.

Tidak hanya  Purwokerto, tapi Kota Purbalingga dan Pemalang pun terlihat dari bukit ini. Ssebuah panorama yang sangat menakjubkan.Dari lokasi parkir, menuju bukit , kurang lebih sejauh  200 meter.

Tergantung lokasi mana yang akan kita tuju karena ada empat bukit utama di kawasan ini,  yakni bukit Datar, bukit Cinta Suramenggala, bukit Tinggi dan bukit Tranggulasih itu sendiri.

Bukit ini  disebut-sebut sebagai pesona tersembunyi di kaki Gunung Slamet. Lokasinya ni kerap menjadi area untuk berkemah. Menikmati matahari terbit, jadi momen kerap dinanti para pengunjung bukit Tranggulasih.

Bisa menikmati Sunrise dan Sunset dengan pemandangan yang sangat indah di lokasi yang sama merupakan hal yang luar biasa. Selain itu pepohonan yang rindang dan udara yang segar sangat cocok untuk berekreasi dan menenangkan diri . Tempat ini sangat cocok untuk berekreasi  bagi semua kalangan.

Tidak hanya anak muda, bapak-bapak serta ibu-ibu, bahkan anak-anak juga sangat antusias melihat pemandangan cantik Purwokerto dari atas bukit ini. Keindahan ini tentu saja banyak  diabadikan melalui lensa kamera oleh para pelancong, menggunakan kamera telepon genggam maupun kamera DSLR.

Kawasan wisata ini buka 24 jam, menurut pengelola, pengunjung di malam hari tidak kalah jumlahnya dengan pengunjung yang datang di siang hari,biasanya mereka sudah menyiapkan alat untuk berkemah sekaligus ingin melihat pemandangan Kota Purwokerto pada malam hari dengan kelap kelip lampu serta menunggu datangnya mentari dari balik bukit.

Spots menarik disini ditambah pula beberapa property yang disediakan oleh pengelola agar kegiatan swafoto menjadi semakin menarik.Meskipun belum lama dibuka namun kawasan wisata ini sudah cukup populer.

Kemajuan jaman tidak bisa dipungkiri membuat kepopuleranya meroket dengan cepat.Menurut masyarakat setempat beberapa spot menarik disini, awalnya  dibiarkan begitu saja.

Namun setelah banyak offroader yang menjadikan bukit ini sebagai tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan , masyarakat kemudian mengelolanya dengan lebih profesional,fasilitas pendukung wisata sudah tersedia cukup lengkap.Tempat parkir,tempat ibadah serta penjual makanan dan minuman bisa dengan mudah ditemukan disini. (E-001) ***