Di Small World Baturaden Melihat Patung Liberty, Menara Eiffel dan Piramid

393

Perjalanan  kami  mengunjungi kawasan Baturaden beberapa waktu lalu,  sempat mengeksplorasi beberapa objek wisata disana. Kawasan Baturaden yang terletak di kaki Gunung Slamet, sejak lama menjadi destinasi favorit para pelancong. Daya tarik utama destinasi di kawasan Baturaden  adalah wisata alam.Objek wisata yang kami kunjungi kali ini, baru saja di buka. Dibanding dengan objek wisata alam lainnya di  Baturaden,objek wisata ini memiliki keunikan tersendiri , terletak pada fasilitas wahana yang bisa dinikmati oleh para pelancong.

Objek wisata ini dinamakan small world atau taman miniatur dunia. Secara administratif terletak di Desa Ketengger,Kecamatan Baturaden,Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah.

Mengapa dinamakan small wold tentu saja ada alasannya,di lokasi para pelancong bisa mengunjungi Menara Pisa dan Colosseum  Italia, Menara Eiffel  Prancis, Patung Liberty  Amerika, Bunga Tulip dan Kincir Angin dari Belanda, Patung Merlion dari Singapura, Monas dari Indonesia, Piramida dari Mesir, Petronas Tower  Malaysia dan  bangunan lainnya.

Menurut pengelola, pada area wisata yang dikelolanya terdapat 18 miniatur yang sudah dibangun, rencananya akan ada  penambahan bangunan miniatur , hingga berjumlah 30 miniatur.

Selain miniatatur berbagai ikon bangunan di belahan dunia , kita juga bisa melihat miniatur rumah  tradisional dari berbagai daerah di nusantara,seperti rumah gadang dari Sumatera Barat,Honai dari Papua.

Di lahan kurang lebih seluas  dua hektar ini, pihak pengelola menanam berbagai jenis tanaman bunga dari berbagai varietas. Untuk melihat tanaman bunga para pelancong disediakan jalan khusus mengelilingi kawasan.

Di dalam kawasan tanaman bunga banyak spot untuk berfoto foto dengan penambahan property, seperti sepeda,sayap kupu kupu raksasa hingga terowongan yang terbuat dari ban bekas ban  yang dicat warna warni.

Untuk masuk ke Taman Miniatur Dunia ini,  cukup merogoh uang Rp 15.000 (weekday) dan Rp 25.000/orang (weekend) . Taman ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam tiap hari Senin sampai Jumat.

Untuk hari Sabtu dan Minggu buka dari jam 7 pagi hingga jam 12 malam. Aksebilitas menuju lokasi cukup mudah. Bagi pelancong yang berangkat dari pusat Kota Purwokerto dan sekitarnya bisa mengunakan jalur menuju Objek Wisata Baturaden.

Sebelum sampai lokasi wana wisata Baturaden, ambil arah kiri menuju Desa Wisata Ketenger hingga menemuan pertigaan jalan. Dari sini , ambil arah kiri dan ikuti jalan menurun kurang lebih sekitar 300 meter-an. Taman miniatur dunia (small world) berada di kanan jalan. (E-001) ***