5 Tips Dongkrak Sinyal WiFi di ponsel pintar, Apa Saja?

478

KEBANYAKAN ponsel pintar yang ada di pasaran memang sudah mendukung jaringan 4G LTE dengan demikian koneksi pun lebih cepat. Kendati begitu, saat berada di rumah atau di kafe, orang cenderung lebih memanfaatkan sinyal WiFi. Bagaimana jadinya jika sinyal WiFi lemot? Berikut adalah lima tips untuk meningkatkan sinyal WiFi yang terhubung ke ponsel pintar, tanpa aplikasi.

  1. Letakkan WiFi di Tempat Terbuka

Cara termudah yang bias Anda lakukan adalah meletakkan router WiFi atau mobile WiFi di tempat terbuka.

Dengan melakukan hal tersebut, sinyal WiFi Anda akan terhindar dari penghalang seperti tembok, pintu, atau lemari yang mungkin saja selama ini menghambat sinyal di dalam ruangan.

Sebelumnya perangkat mobile wifi (Mifi) hanya bisa menampung sekitar 5 koneksi perangkat gadget, maksimal bisa mencapai 12 koneksi perangkat.

  1. Ganti Password WiFi

Cara kedua yang bisa Anda lakukan jika sinyal WiFi terasa lemot adalah mengganti password WiFi. Kenapa? Saat sinyal WiFi lelet ada kemungkinan WiFi Anda telah dibobol oleh orang lain dengan aplikasi pembobol WiFi di ponsel pintar.

Untuk itulah, Anda bisa mengatasinya dengan mengganti password WiFi secara berkala dan memilih kombinasi sandi yang lebih aman.

  1. Menghapus Jaringan WiFi yang Disimpan

Jika Anda sering menggunakan sinyal WiFi gratis di kafe, perpustakaan, dan banyak tempat lainnya, ponsel pintar akan menyimpan jaringan WiFi. Hal ini bakal berpengaruh terhadap kinerja sinyal WiFi ponsel pintar Anda.

Oleh karenanya, Anda perlu menghapus daftar WiFi lama yang mungkin sudah tak terpakai lagi. Misalnya saja, nama WiFi di sebuah tempat nongkrong. Dengan begitu, sinyal WiFi yang terhubung ke ponsel pintar bisa bekerja lebih baik lagi.

  1. Gunakan Custom Kernel

Bila di ponsel pintar Anda tersedia custom kernel, Anda bisa menggunakannya agar ponsel pintar bisa menerima sinyal WiFi dengan maksimal.

Hal ini karena custom kernel akan memberikan banyak perbaikan dan tweak yang bisa meningkatkan sinyal ponsel pintar atau kekuatan sinyal WiFi.

  1. Lepas Casing ponsel pintar

Menggunakan case ponsel bisa melindungi dari goresan, tapi harus diperhatikan kesesuaiannya dengan ponsel pintar.

Banyak orang memakaikan pelindung atau casing pada ponsel pintar mereka dengan tujuan untuk melindungi ponsel pintar dari kerusakan fisik.

Namun demikian, casing bisa saja menjadi penghalang sinyal lantaran antena WiFi di ponsel pintar tertutup casing.

Oleh karenanya, Anda bisa memeriksa casing ponsel pintar atau juga melepasnya saat sedang terhubung dengan WiFi. (C-003/Tin/Ysl)***