Penjualan Mobil Hatchback Kembali Menggeliat

81

Pertarungan di segmen mobil hatchback kembali menggeliat dengan diluncurkannya New Yaris pada awal 2018. Pasar mobil hatchback di Indonesia tampaknya masih menjanjikan, meski “porsinya” masih kalah jauh dengan model MPV.

Meskipun hanya beberapa merek saja yang tetap konsisten bermain di segmen ini, salah satunya adalah Toyota yang meluncurkan New Yaris 2018. Kemunculan New Yaris dengan tampilan baru di harapkan bisa mendongkrak penjualan Toyota di segmen hatcback.

Dalam segmen hatchback Toyota dengan Yaris-nya masih “adu balap” dengan Honda Jazz. Sasaran utamanya adalah anak muda dan sejumlah keluarga muda yang menjadi pasar utama.

Tampang New Yaris 2018 berbeda dengan generasi sebelumnya. Ini terlihat dari desain lampu utama, grille, bumper, dan foglamp baru di depan. Sementara masuk kedalam kabin terlihat lebih stylish dengan sentuhan warna ornamen silver.

Dari segi fitur, New Yaris faclift ini memiliki bebrapa kelengkapan untuk menarik konsumen.  New Yaris , masih menggunakan mesin lama , yakni mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496cc.

Dengan kemunculan New Yaris 2018 apakah mampu melawan penguasa utama di segmen ini yaitu Honda Jazz? Bila melihat data wholesales Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), distribusi Yaris sepanjang 2017 hanya 10.750 unit atau rata-rata terjual 895 unit /bulan.

Angka itu mengalami penurunan jika dibandingkan dengan distribusi Yaris periode Januari-Oktober 2016 yang menorehkan angka sebesar 13.005 unit.

Sementara rival utamannya Honda Jazz masih menjadi market leader dengan menguasai 49 % pangsa pasar.

Bahkan, jika melihat angka penjualannya di bulan September, sudah ada sebanyak 1.173 unit dan total penjualan tahun 2017 sebanyak 12.964 unit.

Tentu, hal tersebut menunjukkan bahwa eksistensi Honda Jazz di pasar hatchback tanah air masih cukup perkasa dan sulit ditaklukkan.

Operation Manager Wilayah Auto2000 Jawa Barat, Gondo Handoko mengatakan  Auto 2000 Jabar sudah siap mendistribusikan New Yaris untuk warga Bandung dan Jabar yang tertarik melakukan pembelian.

Menurut Gondo, peluncuran New Yaris menjadi momentum tepat di awal tahun bagi pecinta Toyota, terutama untuk New Yaris sebagai terlaris di segmen hatchback.

Dengan pangsa pasar yang paling besar di Jabar, Gondo berharap New Yaris bisa menjadi pilihan bagi warga Bandung dan Jabar dengan target penjualannya sebesar 150 unit/bulan. (E-002)***