Kodam Imbau Masyarakat Tak Makan Ikan dari 3 Waduk

65

Kodam tiga siliwangi mengimbau agar masyarakat untuk sementara tidak mengonsumsi ikan dari tiga waduk di jawa barat, yakni waduk jatiluhur, Cirata, dan Saguling, karena tidak sehat untuk dikonsumsi. Hal tersebut lantaran, berdasarkan hasil uji laboratorium, air di tiga danau tersebut telah tercemar limbah berbahaya dan kotoran lainnya.

Berdasarkan hasil uji laboratorium, ikan di tiga waduk di jawa barat, yakni jatiluhur, Cirata, dan Saguling, telah terkontaminasi limbah dan kotoran yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Kodam tiga siliwangi pun mengimbau, agar masyarakat untuk sementara tidak mengonsumsi ikan yang berasal dari tiga waduk tersebut. Dari hasil uji laboratorium, ikan dari tiga waduk itu telah mengandung zat merkuri, e-koli, dan zat berbahaya lainnya yang dapat mengancam kesehatan.

Banyaknya kotoran dan limbah terutama limbah medis yang dibuang, menjadi salah satu penyebab air waduk tersebut tercemar, yang berdampak juga terhadap kandungan dalam ikan yang hidup di waduk tersebut.

Uji laboratoruim tiga waduk oleh kodam tiga siliwangi, merupakan salah satu program untuk menciptakan sungai dan waduk di jawa barat yang bersih.

Yuwana Kurniawan, Bandung TV.