Petani Japung Bersih-Bersih Eceng Gondok

86

Ratusan petani ikan jaring terapung membersihkan bendungan Cirata, Kabupaten cianjur, dari sampah dan juga eceng gondok, siang tadi. Selain membuat bendungan Cirata menjadi lebih bersih, aksi tersebut juga dilakukan guna meningkatkan produktifitas ikan para petani jaring terapung.

Ratusan petani ikan yang tergabung dalam peguyuban  petani ikan Cirata, membersihkan sampah dan eceng gondok yang tumbuh di area bendungan Cirata, jumat siang.

Kondisi bendungan Cirata yang kotor dan dipenuhi eceng gondok, membuat para petani ikan jaring terapung beraksi bersih-bersih, di tiga belas blok jaring terapung di bendungan Cirata.

Dua puluh perahu pun digunakan khusus untuk membawa eceng gondok dari tengah danau ke darat. Bahkan, para petani pun diimbau untuk membersihkan eceng gondok yang tumbuh di area jaring terapungnya masing-masing.

Aksi bersih-bersih ini juga merupakan bentuk dukungan paguyuban petani ikan Cirata, terhadap program citarum harum oleh pemerintah pusat. Mengingat, waduk Cirata juga dialiri tujuh sungai yang salah satunya aliran sungai citarum.

Para petani menyambut baik aksi ini. Selain meningkatkan kepedulian akan kondisi bendungan Cirata, pembersihan eceng gondok juga diharapkan dapat meningkatkan produktifitas ikan.

Pasalnya, dalam kondisi kotor, jumlah ikan yang dipanen menurun hingga lima puluh persen, dari jumlah normal yang bisa mencapai dua ratus lima puluh ton perhari.

Untuk menjaga kondisi bendungan tetap bersih, setiap pekan aksi bersih-bersih ini akan terus dilakukan seluruh petani ikan. Bahkan, agar mempunyai nilai ekonomi, eceng gondok yang dikumpulkan dalam skala besar ini, akan dimanfaatkan sebagai pupuk organik.

Heri setiawan, Bandung TV.