Isolasi Curug Tilu Purwakarta Dibuka Komunitas Pencinta Alam

140

Setelah terisolasi selama 50 tahun,akses jalan menuju wilayah Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta akhirnya terbuka. Imbas dari terbukanya aksebilitas ini sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar.Lalulintas masyarakat dalam menjual hasil pertanian,perkebunan maupun potensi perekonomian lainnya menjadi lancar.

Selain itu potensi potensi lainnya ikut terbuka pula.Salah satu potensi itu ialah  pariwisata terutama  wisata alam. Desa Ciririp memiliki destinasi wisata alam dengan panorama indah berupa air terjun. Masyarakat setempat menyebutnya Curug Tilu.

Curug Tilu, memiliki daya tarik alam yang relatif belum terjamah tangan manusia dengan pesona yang luar biasa. Lokasinya berada di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari,  Purwakarta. Aksesnya  cukup mudah untuk menjangkau air terjun ini. ‎

Wisatawan bisa menggunakan Jalan Cikao Bendung Jatiluhur yang langsung tembus ke ruas Jalan Sukasari dari pusat Kota Purwakarta  yang hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit saja .

Pembukaan kawasan wisata ini tidak bisa terlepaskan dari  KOMP@S,sebuah komunitas pecinta alam yang dipimpin oleh Muhammad Arifin (32) yang sejak tahun 2013 berusaha mengeksplorasi potensi wisata alam yang baru saja dibuka akses jalannya .

Daya tarik Curug Tilu lebih menyerupai sungai dengan beberapa undakan batu (ada tiga undakan) yang terletak di Gunung Buleud , gunung yang suhu udaranya tidak sedingin Gunung Burangrang atau gunung lainnya di wilayah selatan Purwakarta.

Di Curug Tilu ada beberapa Leuwi (bahasa Sunda) atau cekungan sungai yang dijadikan tempat berenang dengan variasi kedalaman antara 1- 1,5 meter lebih.

Untuk tempat berenang , Leuwi ini kurang cocok untuk anak – anak, tapi tentunya cukup enak untuk orang dewasa. Untuk rekreasi anak anak, ada beberapa spot aliran air dangkal, tapi harus tetap berhati-hati karena aliran airnya cukup deras.

Intensitas pengunjung yang datang saat ini belum terlalu ramai pada hari hari biasa, tapi pada hari libur, jangan pikir anda akan dengan mudah mendapatkan tempat berendam karena memang pengunjung sangat ramai hingga memadati lokasi wisata ini.

Fasilitas pendukung wisata sudah tersedia di tempat ini,untuk sarana penginapan ada beberapa home stay yang bisa disewa.Selain itu penjual makanan serta minuman bisa kita temukan tidak jauh dari lokasi Curug Tilu.

Tiket masuk buat para pengunjung di tetapkan sebesar Rp 5.000/orang,dan jangan takut tidak kebagian tempat parkir bagi pelancong yang membawa kendaraan pribadi,karena pihak pengelola telah menyediakannya. (E-001) ***