Jalan Haurpakpak Surian Terputus

63

Terputusnya jalan alternatif sumedang menuju Subang dan Indramayu, melalui desa surian kecamatan surian kabupaten sumedang, membuat hampir semua aktivitas warga terhambat. Pasalnya, warga surian yang akan menuju ke sumedang maupun sebaliknya, harus berputar lebih jauh dari jarak dan waktu yang biasa mereka tempuh.

Beginilah kondisi jalan alternatif di desa surian kecamatan surian kabupaten sumedang, yang amblas akibat diguyur hujan selama beberapa hari di wilayah sumedang. Jalan alternatif tersebut amblas dan longsor, hingga hampir memutus jalan utama desa.

Longsornya jalan di desa surian kabupaten sumedang ini, menghambat aktivitas seluruh warga yang akan menuju sumedang, Subang serta Indramayu.

Mereka harus berputar ke jalan lain, dengan waktu dan jarak tempuh yang sangat jauh, dibandingkan melalui jalan yang biasa mereka gunakan untuk beraktivitas.

Heni mengatakan, biasanya dirinya menempuh jalan ini hanya memakan waktu setidaknya 30 menit, untuk sampai di sumedang. Namun, sekarang bisa memakan waktu hingga 1 jam, dengan jalan memutar cukup jauh. Heni berharap, pemerintah kabupaten segera menyelesaikan permasalahan jalan amblas ini, karena hampir semua warga merasa aktivitas mereka terhambat.

Sementara itu, menurut kepala dinas pu kabupaten sumedang, sujatmoko, pemerintah kabupaten sumedang sudah mengalokasikan dana untuk pembuatan jalan dan jembatan di desa surian.

Sujatmoko berharap, tahun ini pembuatan jalan dan jembatan segera terealisasikan, sehingga 3 sampai 4 bulan mendatang, jalan desa surian dapat kembali dipergunakan warga.

Diki Darusman, Bandung TV.