Memelihara Busa Helm agar Tahan lama

70

Semua barang butuh perawatan, begitu pula helm yang notabene sering dipakai. Dalam merawat helm  tidak terlala sulit. Hanya harus memperhatikan cara mencucinya.

Menurut Engineer PT Tarakusuma Indah, Mugiyono , ada bagian pada helm, seperti busa EPS (Expanded Poly Styrene) yang tidak boleh terkena panas. Seiring waktu dan terkena paparan panas, busa di helm bisa menyusut. Dampaknya, helm yang biasanya ngepas di kepala jadi  longgar.

Dua tahun, waktu maksimal helm akan bertahan, jika sering terkena panas. Jangan ditaruh dalam bagasi motor terlalu lama , kalau parkir di tempat terbuka paling aman dititipkan,” katanya.

 Mugi menyarankan, untuk cara pencuciannya, busa di dalam helm dilepas semuanya. Pakai sikat cuci dengan sedikit air ditambah deterjen. Sikat-sikat  untuk menghilangkan bakteri atau kotoran yang timbul karena sering kita pakai, kemudian dijemur.

Setelah disikat dan dibersihkan, busa tersebut segera dijemur. Jika cuacanya tidak memungkinkan untuk menjemur, bisa dengan cara yang lain.

Untuk perawatan bagian luar helm dan kacanya, dapat dilakukan dengan cara membersihkannya menggunakan air sabun kemudian lap menggunakan kain lap atau kanebo.

Bagian luar helm juga dapat dilapisi atau dipoles dengan lapisan wax (bahan dasar lilin) tapi jangan menggunakan cairan kimia yang membuat abbrasive. Untuk helm yang memiliki warna matte, doff atau rubbertone sebaiknya jangan dipoles.

***