PEMKAB Sulit Selesaikan Masalah Sekolah Terendam Banjir

37

Pemerintah kabupaten bandung kesulitan mengatasi permasalahan banjir, yang merendam sekolah-sekolah di baleendah, dayeuhkolot, dan bojongsoang. Meski sudah dibangun, kini banyak para siswa sekolah dasar yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah dan di  pengungsian, karena bangunan sekolah mereka terendam banjir.

Luapan sungai citarum yang merendam kecamatan baleendah, dayeuhkolot, dan bojongsoang, kabupaten bandung, tidak hanya membanjiri pemukiman warga dan akses jalan utama penghubung kabupaten menuju kota bandung.

Banjir luapan sungai citarum juga merendam beberapa fasilitas umum, seperti bangunan sekolah dasar, di kawasan banjir tersebut.

Para siswa yang bersekolah di kawasan banjir, terpaksa melaksanakan kegiatan belajar mengajar di posko pengungsian. Bahkan, banyak siswa yang tidak mengikuti kbm, karena perlengkapan sekolah mereka terendam banjir.

Pemerintah kabupaten bandung sudah melakukan beberapa upaya, seperti membangun sekolah berlantai 2, agar bisa menyimpan dokumen sekolah dan tempat belajar siswa. Namun, hal tersebut dinilai tidak maksimal.

Masih banyak sekolah yang tidak bisa dilewati dan dipakai untuk kegiatan belajar. Diharapkan, pemerintah kabupaten bandung segera menyelsaikan permasalahan yang terjadi setiap tahun ini.

Rezytia Prasaja, Bandung TV.