Puspa Iptek Sundial Destinasi Wisata Berwawasan Pendidikan

66

Destinasi wisata yang berlokasi di Kota Baru Parahyangan Bandung  kawasan Jalan Raya Padalarang Kabupaten Bandung Barat , yakni Puspa Iptek Sundial merupakan wahana pendidikan yang  diresmikan pada  11 Mei 2002, bertepatan dengan momen Hari Pendidikan Nasional. Keberadaan Puspa Iptek Sundial merupakan upaya bagi perwujudan Kota Baru Parahyangan sebagai Kota Mandiri yang berwawasan pendidikan.

Mulai tahun 2013 area alat peraga di Puspa Iptek Sundial juga diperluas serta fasilitasnya diperlengkap, seiring dengan semakin tingginya minat dan kepedulian masyarakat terhadap dunia sains dan teknologi.

Puspa Iptek memiliki lebih dari 180 buah alat peraga interaktif sehingga pengunjung dapat mencoba sendiri dan mengeksplorasi alat-alat peraga tersebut. Nama Puspa Iptek Sundial merupakan perpaduan antara Puspa Iptek dan Sundial.

Puspa Iptek adalah singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sedangkan Sundial berarti jam Matahari.

Kata Sundial melekat karena Puspa Iptek Sundial berada di sebuah bangunan yang unik. Keunikannya  gedungnya yang sekaligus berfungsi ganda sebagai jam Matahari.

Jam Matahari yang terdapat di Puspa Iptek  tidak hanya satu, melainkan dua buah yaitu jam Matahari horisontal dan vertikal yang terpadu menjadi satu kesatuan. Jam Matahari horisontal yang terdapat di Puspa Iptek  merupakan jam Matahari horisontal terbesar di Indonesia.

Atas keunikannya itu, Puspa Iptek Sundial mendapatkan 2 buah penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tahun 2002, yaitu Jam Matahari Horisontal Terbesar di Indonesia dan Jam Matahari Vertikal dan Horisontal Terpadu Pertama di Indonesia.

Selain galeri alat peraga indoor (di dalam gedung), juga memiliki galeri outdoor (di luar gedung) di kawasan Puspa Agro Organik. Di sini selain terdapat alat-alat peraga berukuran besar juga terdapat Saung Kelinci, kebun organik, dan kolam tangkap ikan.

Seluruhnya merupakan tempat Puspa Iptek Sundial melayani seluruh pengunjung yang mengambil bermacam paket kegiatan seperti Ayo Berkebun, Ayo Tangkap Ikan, dan lainnya.

Gedung Puspa Iptek Sundial bersama dengan Gerbang Utama Kota Baru Parahyangan adalah sebuah tatanan terpadu. Kedua bangunan tersebut merupakan refleksi konfigurasi Matahari, Bumi, dan Bulan.

Di Gerbang Utama terdapat replika Bumi dari batu utuh berdiameter 2 meter dengan bobot hampir 12 ton yang diambil dari daerah sekitar Padalarang. Batu bulat tersebut dikelilingi oleh 12 tiang yang melambangkan 12 bulan dalam sistem kalender.

Di masing-masing tiangnya terdapat ragam hias kalender tradisional dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Sementara bundaran tempat gedung Puspa Iptek Sundial berada melambangkan Matahari.

Gambaran umum Gedung Puspa Iptek Sundial:

1. Luas lahan (bundaran): 7.850 m2
2. Luas area pamer alat peraga: 2.900 m2
3. Bidang refleksi horisontal: 2.785 m2
4. Bidang refleksi vertikal: 50 m2
5. Panjang jarum (Gnomon): 30 m
6. Ketinggian jarum: 15 m

Puspa Iptek Sundial dapat dikunjungi oleh seluruh lapisan masyarakat , kalangan keluarga, sekolah dan mahasiswa maupun rombongan . (E-001) ***