Amazon Berhenti Jualan Produk Google

81

AMAZON akan berhenti menyetok lini produk Nest dari Google. Langkah ini menyusul perseteruan di antara Amazon dan Google.

Dikutip dari Business Insider, Minggu (11/3/2018), Amazon sudah memberitahukan sejak akhir tahun lalu, bahwa pihaknya tidak akan lagi menyertakan produk Nest terbaru, antara lain termasuk tehrmostat dan perlengkapan rumah pintar lainnya.

Namun Amazon menolak berkomentar mengenai laporan ini. Demikian juga Google, tidak memberikan respons apapun terkait pemberitaan ini.

Ketika menghilang dari daftar produk di Amazon, berbagai produk Nest nantinya masih akan tersedia di penjual independen di Amazon.

Sebelumnya, Google mengumumkan pemblokiran YouTube dari gadget Amazon. Ini adalah bentuk protes Google, karena raksasa online retailer tersebut membatasi penjualan perangkat besutan Google.

Amazon dan Google kini memang bersinggungan di banyak area. Mulai dari layanan cloud, pencarian online, sampai gadget yang dikendalikan dengan perintah suara Amazon Echo dan Google Home.

Banyak pengamat teknologi memperkirakan, aktivitas berinteraksi dengan komputer melalui perintah suara seperti dengan Amazon Echo dan Google Home, akan semakin umum di masa depan.

Belum diketahui apakah Google atau Amazon yang akan mendominasi area ini. Keduanya sama-sama memiliki peluang. Namun berdasarkan riset eMarketer, perangkat dengan perintah suara milik Amazon kalah laris dari milik Google. (C-003/rns)***