Pengukuhan Pengurus Pasgar Diwarnai Berbagai Kegiatan

39

Ribuan warga Cianjur menyaksikan pengukuhan pengurus paguyuban silaturahmi Garut  atau pasgar, oleh kyai dan sesepuh, di lapangan parkir City Mall, kabupaten Cianjur, minggu siang. Pengukuhan pengurus pasgar diawali konvoi pengurus dan anggota, cukur massal, tarian tradisional, atraksi domba, dan pencak silat khas Garut. Ajang silaturahmi warga Cianjur asal Garut dan keturunannya tersebut, sebagai wadah kebersamaan untuk terlibat aktif membangun Cianjur, dari sektor sosial dan ekonomi.

Pengukuhan pengurus paguyuban silaturahmi Garut oleh para kyai dan sesepuh, serta dihadiri jajaran muspida Cianjur ini, mengundang ribuan warga Cianjur asal Garut dan keturunannya.

Sebelum pengukuhan, ribuan warga konvoi kendaraan mengelilingi jalan protokol Cianjur. Selain konvoi, ratusan warga antusias mengikuti cukur massal gratis. Warga rela antre lama, menunggu giliran cukur rambut oleh puluhan tukang cukur asal Garut.

Bahkan, tarian tradisional, atraksi domba, dan pencak silat khas Garut untuk menyambut kedatangan kyai, sesepuh, dan jajaran muspida, menambah acara menjadi lebih meriah.

Untuk menjaga marwah  paguyuban silaturahmi Garut atau pasgar  di kabupaten Cianjur yang  Lapangtidak berpolitik, pengukuhan pengurus paguyuban silaturahmi Garut periode 2018-2023 dilakukan para kyai dan sesepuh, serta dihadiri jajaran muspida Cianjur.

Selain menjadi ajang silaturahmi antar warga keturunan Garut, kegiatan ini juga diharapkan dapat membuka peluang usaha untuk kesejahteraan warga, dan meningkatkan perekonomian di kabupaten Cianjur.

Ajang silaturahmi warga keturunan Garut akan terus digelar, untuk mempererat hubungan seluruh anggota, mengingat banyak warga keturunan Garut yang menetap di kabupaten Cianjur. Bahkan, berdasarkan data dari paguyuban silaturahmi Garut, 30 persen dari total warga kabupaten Cianjur merupakan keturunan Garut.

Heri Setiawan, Bandung TV.