PT KAI Prediksi Kenaikan Penumpang Pada Arus Mudik Lebaran

46

PT Kereta Api Indonesia daop dua Bandung, memprediksi adanya kenaikan penumpang sebesar tiga persen, dan akan menyiapkan enam puluh satu ribu tujuh ratus enam puluh empat kursi setiap harinya untuk melayani pemudik lebaran tahun ini. jumlah tersebut, termasuk empat kereta api tambahan yang telah di sediakan, dengan jumlah delapan puluh enam jadwal keberangkatan. saat ini PT KAI pun telah membuka posko angkutan motor gratis, untuk penumpang yang akan berangkat pada delapan hingga 25 juni 2018 mendatang.

Pernyataan tersebut di sampaikan humas PT Kereta Api Indonesia daop dua Bandung, di kantor pusat stasiun Bandung. untuk tahun ini, PT KAI memprediksi adanya kenaikan penumpang sebesar tiga persen yang akan menggunakan kereta api saat mudik lebaran nanti.

Untuk mengatisipasi lonjakan penumpang, PT KAI pun telah menyiapkan jumlah tiket sebanyak enam puluh satu ribu tujuh ratus enam puluh empat tiket per harinya. jumlah tersebut sudah termasuk dengan empat kereta tambahan yang akan dioperasikan, yaitu pasundan lebaran, kutojaya lebaran, lodaya pagi lebaran dan lodaya malam lebaran.

Selain mengangkut penumpang, PT KAI pun telah menyiapkan angkutan motor gratis yang sesuai dengan program pemerintah melalui dirjen perkereta apian. dimana tahun ini sebanyak delapan belas ribu sepeda motor akan diangkut menuju tempat tujuan.

PT KAI sendiri menetapkan angkutan mudik dan balik lebaran tahun ini selama dua puluh dua hari  dimulai dar h- 10 hingga h + 10, yaitu dari lima juni hingga 26 juni mendatang, dan di prediksi puncaknya pada h-2 dan arus balik h+2 lebaran.  ada sebanyak delapan puluh enam jadwal yang akan di berangkatkan termasuk kereta api tambahan.

Hingga kini sudah mencapai 30% calon penumpang yang memesan tiket kereta api, tiket tersebut dapat di pesan melalui online di gerai-gerai maupun melalui aplikasi sejak h-90 sebelum keberangkatan.

Yuwana Kurniawan, Bandung TV.