Aksi Dorong Mobil, Anggota DAMKAR Tuntut Kenaikan Upah

88

HUT DAMKAR kesembilan puluh sembilan di Sumedang, diwarnai aksi dorong mobil oleh puluhan anggota DAMKAR Sumedang. Mereka menuntut kenaikan upah, yang selama ini tergolong rendah. Tidak hanya DAMKAR, hal serupa dialami hampir seluruh dinas di Kabupaten Sumedang, seperti halnya Satpol PP dan dinas perhubungan.

Aksi dorong mobil dilakukan puluhan petugas pemadam kebakaran, Sumedang. Hal tersebut merupakan salah satu aksi protes yang dilakukan petuagas DAMKAR, karena kecilnya upah yang mereka terima selama ini.

Apalagi tahun ini, mereka hanya mendapatkan upah tiga ratus lima puluh ribu rupiah setiap bulan. Sedangkan pekerjaan mereka menyangkut nyawa.

Tahun ini, petugas DAMKAR mendapatkan potongan lima puluh persen dari honor semula sebesar enam ratus ribu rupiah setiap bulan. Ditambah, mereka tidak mendapatkan tunjangan keselamatan kerja, seperti bpjs dan semacamnya.

Salah satu anggota pemadam kebakaran, Soekarno mengungkapkan, dirinya hanya menerima upah setiap bulan sebesar tiga ratus lima puluh ribu rupiah, lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementra itu, saat dimintai keterangan, pelaksana pejabat sementara bupati mengungkapkan, pihaknya masih mempelajari mengenai angaran di Sumedang, dan akan berupaya mendorong dewan menaikkan upah para petugas DAMKAR. Tidak hanya DAMKAR, dinas lain seperti satpol pp dan dinas perhubungan pun akan lebih diperhatikan.

Diki Darusman, Bandung TV.