Baso Aci Ceu Imas Garut Jadi Daya Tarik Wisatawan

265

Priangan timur dikenal banyak memiliki destinasi wisata alam . Selain kaya  destinasi wisata alam,Priangan timur dikenal pula sebagai gudangnya kuliner  unik.Di Tasikmalaya kita bisa mencicipi nasi tutug oncom,dikawasan Pangandaran ada penganan kuliner unik berupa pindang gunung,sedangkan di Garut kita bisa mencicipi dodol serta dorokdok atau kerupuk kulit.

Berbicara tentang kuliner unik di Garut ada sebuah inovasi kuliner yang saat ini sedang menanjak.Kuliner ini berupa baso aci. Makanan berkuah ini sudah bukan rahasia lagi merupakan makanan paling populer di Indonesia.

Sebuah inovasi dilakukan seorang pedagang,  membuat  berupa paduan  baso pada umumnya dengan baso yang terbuat dari tepung tapioka,  dalam bahasa Sunda disebut aci.

Penjual baso aci yang tengah populer di Garut berada di Jalan Karacak,meski tempat jualannya masuk ke dalam gang, namun tidak pernah sepi dari para penikmat baso.

Baso aci Ceu Imas begitulah masyarakat Garut menyebutnya . Baso aci Ceu Imas yang bisa kita nikmati, satu porsinya seharga Rp 25.000. Satu porsi baso aci Ceu Imas berisi baso sapi,baso urat,baso tahu,siomay dan baso aci.

Sebagai pelengkap ditaburi dengan irisan daging ayam,selain saos sambal serta saos tomat yang menjadi ciri khas dari baso aci ini adalah perasan jeruk limau.Perasan air jeruk membuat kuah baso terasa segar berpadu dengan pedas dari sambalnya.

Uniknya porsi satu mangkuk baso aci ini lumayan banyak,sehingga tidak jarang butuh dua orang untuk menghabiskannya.Kepopuleran baso aci Ceu Imas t untuk mendapatkan satu porsi saja diperlukan waktu cukup lama.

Antrian para penikmat baso aci cukup mengular apalagi saat jam makan siang atau sore hari.Hal ini tidak pelak membuat baso aci Ceu Imas menjadi buruan para pecinta kuliner yang berkunjung ke Kota Garut,tidak lengkap rasanya berkunjung ke Garut tanpa menikmati citara baso aci Ceu Imas.

Selain dinikmati di tempat tidak jarang para pelancong membawanya ke rumah karena bisa tahan beberapa hari  bila disimpan di lemari pendingin.

Keunikan kuliner suatu daerah telah membuktikan kepada kita bahwabukan sebatas destinasi wisata alam saja yang bisa menarik para pelancong untuk berkunjung.Keberadaan baso aci Ceu Imas di Garut  tidak bisa dipungkiri menjadi magnet bagi para pecinta kuliner dari luar daerah. (E-001) ***